Jokowi Bakal Hadiri Puncak HUT PSI Malam Ini, Giring Beri Orasi Politik

Presiden Jokowi pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-7 PSI
Sumber :
  • Antara

VIVA Politik – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang juga merupakan puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-8 PSI. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dalam kegiatan HUT ke-8 PSI pada Selasa, 31 Januari 2023.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

"Pak Jokowi direncanakan hadir pada acara nanti malam pukul 19.00 WIB, dan memberikan sambutan. Ratusan kader dari seluruh Indonesia juga akan datang," kata Ketua DPP PSI, Isyana Bagoes Oka dalam keterangannya pada Selasa, 31 Januari 2023.

Menurut dia, acara ini akan dimeriahkan penampilan spesial komika Bro Mongol dan Bro Badai mantan personel Kerispatih di The Ballroom at Djakarta Theater lantai 2, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Selain itu, kata dia, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan Ketua Umum PSI Giring Ganesha juga akan menyampaikan pidato politiknya. Sementara, ia menyebut masyarakat juga bisa menyaksikan melalui akun channel Youtube PSI.

Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha

Photo :
  • Instagram @giring
Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

"Wakil Ketua Dewan Pembina Sis Grace Natalie dan Ketua Umum Bro Giring Ganesha akan menyampaikan pidato. Apa isinya? Sangat layak untuk ditunggu. Bagi publik umum, silakan menyaksikan di Youtube Partai Solidaritas Indonesia," pungkasnya.

Dukung Ganjar Disemprot Megawati

Diketahui, PSI sebelumnya mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo -- kader PDIP -- sebagai calon Presiden 2024. PSI condong menduetkan Ganjar dengan Yenny Wahid sebagai pasangan yang cocok untuk memimpin Indonesia ke depan.

PSI menilai Ganjar sebagai sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan Presiden Jokowi dalam memajukan Indonesia. 

"Ini adalah calon presiden 2024 pilihan rakyat lewat rembuk rakyat, bukan keinginan dari elite PSI," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie. 

Sedangkan, Yenny Wahid memiliki semangat untuk memajukan toleransi di Indonesia. Putri Gus Dur itu juga dinilai mumpuni sebagai tokoh perempuan di kursi pemimpin. "Mbak Yenny kami nilai konsisten melanjutkan perjuangan Gus Dur yang toleran," ujar Grace.

Terkait dukungan PSI kepada Ganjar, PDIP selaku partai tempat bernaung Ganjar, menyentil PSI yang mencalonkan kader PDIP sebagai capres. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bahkan heran dengan partai politik yang terang-terangan mencalonkan kadernya sebagai capres. 

"Lah kok kayak gitu, gimana sih maunya. Emangnya enggak punya kader sendiri," kata Megawati, disambut tepuk tangan riuh puluhan ribu kader PDIP, dalam HUT ke-50 PDIP, di JIExpo Kemayoran Jakarta, Selasa 10 Januari 2023. 

Megawati mengatakan, apa yang dilakukan itu seperti hanya mendompleng saja. Sedangkan tidak ada aturan membolehkan demikian. "Dia mendompleng-dompleng. Iki aturannya piye toh. Aku tanya ke Hasto (Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto) apa di KPU aturannya lain," kata Megawati. 

Sebab yang dirinya pahami aturan itu bahwa yang bisa mencalonkan kader partai adalah partainya sendiri. Dia menegaskan, bahwa ada perbedaan antara pengusung dan pendukung dalam pemilu, terutama pencapresan. "Beda lho antara pengusung atau pendukung," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya