PKS Susul Demokrat dan Nasdem, Anies Kini Genggam Tiket Capres 2024

Anies Baswedan saat di Masjid Raya Baiturrahman Aceh
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

VIVA Politik - PKS akhirnya menyatakan sikap politiknya dengan mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Sebelum PKS, dua partai politik atau parpol lain yang digadang-gadang dukung Anies sudah menyatakan sikap.

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Elite Nasdem menyambut senang dukungan PKS terhadap Anies sebagai capres 2024.

“Kami menyambut baik dengan penuh sukacita,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP Nasdem Hermawi Taslim, Selasa, 31 Januari 2023.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

Menurut dia, dengan dukungan PKS tersebut akan semakin perkuat Anies maju Pilpres 2024. Sebab, eks Gubernur DKI itu juga sudah punya tiket maju capres. Hal itu karena gabungan suara PKS, Nasdem, dan Demokrat sudah memenuhi syarat ambang batas pencapresan atau presidential threshold 20 persen.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

“Artinya Anies sudah punya kecukupan untuk maju pilpres,” ujar Hermawi.

Pun, dia menyampaikan Nasdem bersama Demokrat dan PKS akan mempersiapkan deklarasi bersama untuk mendukung Anies di 2024.

“Ya, segera rapat teknis untuk deklarasi, dan lain-lain,” tuturnya.

PKS sebelumnya menyatakan dukung Anies sebagai bakal capres 2024. Pernyataan sikap itu disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, M Sohibul Iman pada Senin kemarin, 30 Januari 2023.

Ketum Nasdem Surya Paloh dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Photo :
  • Twitter @PKSejahtera

Sohibul mengatakan pihaknya dukung Anies setelah dirinya bertemu dan dapat arahan dari Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri yang berada di Istanbul, Turki.

"Alhamdulillah kami telah melakukan pertemuan di Turki dan berjalan dengan sangat baik. Dari diskusi itu, saya dapatkan pesan untuk disampaikan ke keluarga PKS dan masyarakat, bahwa PKS mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden 2024," kata Sohibul di Bandara Soekarno Hatta, Senin, 30 Januari 2023.

Sementara, Partai Demokrat menyatakan dukung Anies melalui ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY pada Kamis, 26 Januari 2023. Dalam keterangan  tertulisnya, AHY bahkan mengajak Nasdem dan PKS untuk membuat Sekretariat Bersama atau Sekber Koalisi Perubahan.

Lalu, Nasdem sudah lebih awal mendeklarasikan Anies jadi capres sejak 3 Oktober 2023. Deklarasi itu disampaikan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan disaksikan elite partai tersebut di Nasdem Tower.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya