Golkar Intip Potensi Cawapres untuk Airlangga Jelang Pertemuan KIB

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah)
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Politik – Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, kabarnya akan mengagendakan pertemuan lanjutan. Koalisi ini diprakarsai oleh Partai Golkar, PPP dan PAN. Partai Golkar sendiri yang mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto, mulai mengintip siapa yang bisa diusung untuk menjadi cawapres.

Soal Pilkada Jakarta, Airlangga: Kader Golkar Tidak Ada Matinya

Ketua DPP Golkar, Dave Laksono, menjelaskan bahwa KIB saat ini masih terus membahas mengenai capres dan cawapres yang akan diusung. Golkar sendiri tetap akan mengusung Airlangga sebagai capres.

Diakuinya, saat ini Partai Golkar sedang melihat-lihat siapa yang berpotensi menjadi cawapres untuk mendampingi Airlangga. Dengan begitu, siapa yang tepat dan dianggap cukup mampu, nantinya akan diumumkan. 

Airlangga Tegaskan Golkar Tetap Bersama KIM di Pilkada Jakarta 2024

“Akan kita umumkan bila momennya tepat,” kata Dave, Selasa 31 Januari 2023.

Partai Golkar tetap berpandangan, bahwa rekam jejak tetap harus menjadi pertimbangan. Termasuk soal cawapres. Popularitas juga penting dimiliki untuk menambah suara nantinya.

Kaesang Klaim Hadir di Pertemuan Prabowo Subianto dengan Ketum Parpol KIM dan Erick Thohir

“Semua faktor kita pertimbangkan. Agar Golkar dan KIB memberikan yang terbaik bagi bangsa ini,” kata Dave.

Diakuinya, sejumlah nama memang sudah mulai dilirik. Namun dia belum bisa membocorkan siapa saja. Sebelum nantinya akan diumumkan ke publik.

“Nanti akan kita buka. Jangan tergesa-gesa,” ujar dia.

Partai Golkar menegaskan, tetap mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres di Pilpres 2024. Walau dari survei elektabilitas masih dibawah dengan nama-nama lainnya, bukan persoalan. Sebab Golkar lebih mengedepankan rekam kerja sang ketua umum.  

Airlangga Hartarto, yang saat ini juga masih mengemban amanah sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu, fokus membenahi ekonomi negara.   

"Pak Airlangga itu fokus kerja, jadi tidak seperti orang lain yang sibuk dengan pencitraan. Tren elektabilitasnya juga kalau kita lihat dari waktu ke waktu kan naik," kata Ketua DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga, Senin, 23 Januari 2023.    

Jelas dia, elektabilitas bukan menjadi faktor utama dan penentu dalam mengusung capres-cawapres. Angka riil dari survei akan terlihat saat nanti sudah mendaftar ke KPU. Sehingga resmi menjadi capres-cawapres, yang menurut jadwal KPU akan dibuka sekitar akhir 2023.  

"Kalau sudah terdaftar kan ada keterbatasan pilihan, kalau sekarang kan banyak pilihan, maka angkanya tersebar ke mana-mana, dan patut diingat Airlangga tidak punya dosa politik," jelas Anggota Komisi VII DPR ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya