Restui Bu Cinta Maju Pilkada Bandung, Ridwan Kamil: Kapasitas Memang Ada

Ridwan Kamil Bersama Edy Rahmayadi di Medan, Sumatera Utara
Sumber :
  • VIVA/ B.S. Putra

VIVA Politik – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, merestui istrinya, Atalia Praratya, untuk maju di Pilkada Kota Bandung. Apalagi survei terbaru, elektabilitasnya cukup tinggi.

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Ridwan Kamil tidak akan melarang istrinya untuk maju, selama Bu Cinta, panggilan akrab terhadap Atalia, menyatakan punya keinginan untuk terjun di dunia politik.

Hal itu, disampaikan Ridwan Kamil kepada wartawan, di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, di jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Selasa malam, 31 Januari 2023.

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

"Surveinya bagus, tapi itu pilihan hidup yang dilalui yang bersangkutan," kata Ridwan Kamil.

Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil, saat mengunjungi warga korban gempa di Cianjur, Selasa, 29 November 2022.

Photo :
  • ANTARA/Ahmad Fikri
Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Sebagai suami, dirinya mendukung dan mendoakan Atalia Praratya, bila ingin maju di Pilkada Bandung 2024. Bagi dia, istrinya tersebut sebenarnya sudah memiliki kualifikasi untuk memimpin Kota Bandung.

"Sebagai suami, saya hanya bisa mendoakan dan menyemangati. Karena beliau juga aktivis juga doktor secara akademik jadi kapasitas memang ada," jelas pria yang akrab disapa Kang Emil.

Dalam diskusi bersama sang Istri, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Atalia belum memutuskan untuk maju atau tidak di Pilkada Bandung tersebut. 

Kepada Ridwan Kamil, Atalia mengaku hasil survei yang dilakukan oleh Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) itu, sangat baik.

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya hadir di pernikahan Kaesang-Erina

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @ridwankamil

"Tapi nggak bisa diputuskan sekarang. Beliau hanya menjawab survei itu bagus. Jawaban (Atalia) normatif," jelasnya.

Pria yang sempat menjadi Wali Kota Bandung itu juga mengaku, tidak bisa melarang istri jika punya keinginan untuk maju.

"Kalau istri mau, masak suami melarang. Ini belum jauh ke teknis. Cuma namanya di survei munculnya bagus itu aja," kata Ridwan Kamil.

Hasil survei Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) sempat menunjukkan naik turunnya elektabilitas antara Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Atalia, sebagai tokoh potensial di Pilwalkot Bandung 2024. 

Bahkan pada periode survei 20-30 Juli 2022, elektabilitas Atalia paling tinggi di bandingkan tokoh lainnya, termasuk Yana Mulyana.  

Atalia mendapatkan 18,8 persen, sedangkan Yana 18 persen. Kemudian disusul tokoh lainnya, seperti M. Farhan, Budi Dalton dan Raffi Ahmad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya