Surya Paloh Rayu Golkar-KIB Gabung Nasdem

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengunjungi DPP Golkar
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengatakan terbuka kemungkinan Nasdem akan berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi Golkar, PAN dan PPP untuk Pemilu Presiden 2024.

Golkar - PDIP Hingga Perindo Perkuat Koalisi di Pilkada Madiun

Hal itu ditegaskan Surya Paloh saat menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Rabu 1 Februari 2023.

Menurut Surya Paloh, kerja sama Nasdem dan Golkar merupakan kerjasama dua partai politik besar dan sangat mungkin terjadi. Rencana koalisi masih dijajaki.

PSI Ngaku Belum Ada Kesepakatan soal Duet Kaesang-Jusuf Hamka di Pilgub Jakarta

"Kenapa nggak yang (partai) lain, yang lain kita memang baru mencoba ya, baru mencoba," kata Surya Paloh

"Apakah perlu mungkin akan bergabung dengan KIB? Ya sama-sama mungkin, KIB bergabung dengan NasDem kan, jadi probability kemungkinan itu masih terbuka," sambungnya

NasDem Usung Duet Mantan Wagub DKI dan Marshel di Pilwalkot Tangsel, Apa Pertimbangannya?

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Golkar di DPP Golkar.

Photo :
  • Dok. Golkar

Dalam kunjungannya di Kantor DPP Golkar, Surya mengatakan hubungan antara Nasdem dan Golkar saat ini sangat harmonis. Baginya, hubungan spesial dengan Golkar jadi prioritas.

"Baiklah kenapa harus duduk dengan Golkar, ya prioritas bagi NasDem, ada satu romantisme, ada satu pegangan, sejarah perjalanan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai sampai saat ini, jenjang karir politik saya yang saya capai hari ini, saya harus jujur menyatakan kepada saudara semuanya, 16 tahun usia saya sudah berada di barisan Golkar, tambah 43 tahun cukup lama itu, lebih setengah abad rasanya," ujarnya.

Surya mengatakan pertemuan Nasdem dengan Golkar adalah sebuah prioritas, dimana Surya Paloh merupakan mantan kader Golkar.

"Jadi Golkar sendiri ada 43 tahun baru kemudian ada NasDem, jadi terlepas apapun juga kekurangan satu sama lain, tapi modal kebersamaan, catatan sejarah, saling pemahaman, enggak salah dibilang alumni Golkar, itu memang benar adanya. Jadi prioritas," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh beserta elite Nasdem mengunjungi kantor DPP Partai Golkar, di jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi Jakarta Barat, Rabu siang 1 Februari 2023.

Surya Paloh datang bersama Sekjen Partai NasDem sekaligus Menkominfo Johnny G Plate dan juga Bendahara Umum Ahmad Syahroni.
 
Kedatangan Surya Paloh disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan juga jajaran eksekutif Golkar lainnya, hadir juga meyambut Surya Paloh, yakni Waketum Golkar Hetifah, Sekjen Golkar Lodewijk Paulus.

Dalam keterangnnya saat ditanya awak media, Airlangga Hartarto mengatakan pertemuan ini adalah silaturahmi antara kedua partai politik dan membahas agenda lanjutan dari pertemuan Golkar-Nasdem sebelumnya.

"Tentu ini silaturahmi lanjutan sesudah Partai Golkar datang ke Kantor NasDem. Jadi ini pertama kali Partai NasDem berkunjung ke kantor Golkar pasca covid," ujar Airlangga dalam keterangannya di Kantor DPP Golkar Jakarta Barat, Rabu 1 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya