Temui Airlangga, Surya Paloh Jelaskan Prioritaskan Golkar dari Koalisi Perubahan

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh temui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Rabu 1 Februari 2023. Golkar menjadi prioritasnya, walau saat ini sedang membangun koalisi dengan partai lain yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Surya Paloh menjelaskan, kenapa ia lebih memprioritaskan untuk bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan para jajarannya.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Golkar di DPP Golkar.

Photo :
  • Dok. Golkar
Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

"Baiklah kenapa harus bertemu dengan Golkar, ya prioritas bagi Nasdem, ada satu romantisme, ada satu pegangan, sejarah perjalanan kehidupan saya pribadi dalam usia yang saya capai sampai saat ini, jenjang karir politik saya yang saya capai hari ini, saya harus jujur menyatakan kepada saudara semuanya, 16 tahun usia saya sudah berada di barisan Golkar, tambah 43 tahun cukup lama itu, lebih setengah abad rasanya," jelas Surya Paloh, dalam keterangan pers di kantor DPP Golkar.

Nasdem bersama-sama dengan PKS dan Partai Demokrat, membangun Koalisi Perubahan. Walau belum mendeklarasikan diri, tetapi ketiga partai sudah sepakat mendukung Anies Baswedan sebagai capres.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Sementara Partai Golkar bersama-sama dengan PPP dan PAN, membangun sejak awal Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

Ini adalah kunjungan pertama Surya Paloh di luar kantor Nasdem. Golkar menjadi yang utama atau prioritas, sebab Koalisi Perubahan masih terus mencoba. Namun tidak menutup kemungkinan, diakuinya, bisa bersama-sama dengan KIB.

"Kenapa nggak ke yang lain, karena kita baru mencoba. Baru mencoba. Apakah perlu Nasdem mungkin bergabung dengan KIB? Ya sama-sama mungkin. KIB juga mungkin bergabung dengan Nasdem kan. Jadi probalitas itu masih terbuka," jelasnya.

Sebagai politisi yang sejak awal berada di Golkar dan menghabiskan banyak pengalamannya di partai itu, Surya Paloh mengaku punya hubungan emosional. Bahkan ia mengaku sebagai alumni dari partai berlambang pohon beringin tersebut.

"Terlepas apapun juga kekurangan satu sama lain. Tapi modal kebersamaan, catatan sejarah, saling memahami. Jadi tidak salah kalau saya dibilang alumni Golkar ya itu memang benar adanya," katanya.

Mendampingi Surya Paloh dalam kunjungannya ke Golkar adalah Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate, Bendahara Umum Ahmad Sahroni, Ketua DPP Sugeng Suparwoto, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Prananda Paloh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya