Dukung Anies, KIB Akar Rumput: Kita Bukan Kaleng-kaleng

Kader tiga partai dari Golkar, PAN, dan PPP.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat dukungan jadi calon presiden atau capres dari sejumlah kader dari Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung Kuning Ijo Biru (KIB) grassroot atau akar rumput. Mereka mendeklarasikan dukungan ke Anies sekaligus membuat Sekretariat Bersama (Sekber),

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Koordinator Sekber KIB grassroot Habil Maratti, menjelaskan deklarasi pihaknya ini dilakukan di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Rabu, 1 Februari 2023. Kata dia, Sekber yang dibentuk dari tiga elemen, yakni Go Anies, Amanat Indonesia dan Forum Kabah Membangun. 

"Kita (KIB) jelas ke Anies, bukan kaleng-kaleng. KIB ini berisikan Go anies, Amanat Indonesia dan Forum Kabah Membangun. Kehadiran KIB bukan keinginan kita tapi sebuah tuntutan, karena pemerintah tidak menghendaki kelahiran Anies," kata Habil.

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Dia mengatakan, rakyat menyoroti dugaan upaya penjegalan terhadap Anies dalam konstestasi Pilpres 2024. Ia bilang, dari informasi yang didapatkan, ada dugaan parpol di luar pemerintah tak diperkenankan mengusung figur capres. 

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Menurut dia, dugaan penjegalan itu mencederai demokrasi di Tanah Air. Dia menyebut figur Anies layak didukung jadi pemimpin negara RI.

"Anies Rasyid Baswedan harus jadi jembatan emas untuk menegakkan keadilan sosial, hanya Anies yang bisa mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila di masyarakat," tuturnya. 

Sementara, Koordinator Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab menyampaikan semangat KIB grassroot spiritnya berbeda dengan Koalisi Indonesia Bersatu. Dia mengatakan, Keberadaan KIB versinya sebagai wadah bersama yang setara.

Dia mengatakan pihaknya siap solid untuk memperjuangkan dan mengawal Anies sebagai Presiden RI.

"Kami hadir dan lahir di sini mewakili kuning. Kami kader Golkar walaupun tidak membawa nama partai tapi wajah kita di ruang publik Sirajuddin itu adalah kader Golkar," tutur Sirajuddin.

Sirajuddin Abdul Wahab bersama Anies Baswedan dideklarasi relawan Go-Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (23/10/2022).

Photo :
  • vstory

Pun, dia menambahkan, keberadaan KIB grassroot untuk memperkokoh relawan Anies dalam menatap Pemilu 2024. Ia bilang Sekber KIB juga berencana menggelar road show hingga rapat akbar sebagai langkah untuk menyamakan dukungan kepada Anies.

"Kalau dalam waktu Februari (2023) ini mepet waktunya, Insyaallah di bulan Maret kami akan mengadakan Rapat Akbar KIB yang menghadirkan relawan di seluruh Indonesia. Jadi, kami bertiga konsep sudah ada," ujar Sirajuddin.

Dalam launching Sekber KIB ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh tiga elemen pendukung Anies Baswedan. Masing-masing diwakili seperti Koordinator Go Anies Sirajuddin Abdul Wahab, Ketua Kornas Forum Ka'bah Membangun Habil Marati dan Ketua Umum Kornas Anies Amanat Indonesia Sahrin Hamid.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya