Eks Pimpinan KPK hingga Rocky Gerung Dukung Anies Baswedan

Mantan Pimpinan KPK Saut Situmorang, Rocky Gerung dukung Anies Baswedan
Sumber :
  • FNN

VIVA Politik – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, mantan Wamen ATR/BPN Surya Tjandra hingga Rocky Gerung menghadiri deklarasi Relawan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 dari sejumlah kader dari Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung Kuning Ijo Biru (KIB) grassroot atau akar rumput, Rabu, 1 Februari 2023.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

Dalam pernyataannya, Saut mengatakan hadir dalam acara deklarasi tiga simpul Relawan Anies Baswedan, untuk memberikan dukungan kepada capres yang berintegritas.

"Jadi pertanyaannya, Saut ngapain disini? Jawabannya untuk presiden yang berintegritas lah," kata Saut dalam acara diskusi yang digelar di Jakarta, Senin.

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Saut mengaku sudah lama mengamati Anies Baswedan, sebagai sosok yang cakap sebagai presiden mendatang. Bahkan, saat masih menjabat pimpinan KPK, Ia berani menyimpulkan Anies Baswedan adalah sosok yang tepat sebagai presiden.

"Jadi saat ketika saya di KPK, menyimpulkan ini pasti bakal jadi presiden orang ini (Anies Baswedan). Ya saya melihat orang mencari presiden itu orang yang bisa menjawab medan perang Indonesia itu seperti apa. Medan perang kita kan sangat ruwet," ujarnya.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Sumber: instagram.com/aniesbaswedan

Photo :
  • vstory

Sementara Rocky Gerung yang juga hadir dalam acara deklarasi Relawan Anies, punya keyakinan bahwa Anies Baswedan akan berkantor di Merdeka Utara.

"Pertemuan ini adalah konsolidasi ide, konsolidasi masa depan, dengan demikian ada kepastian bahwa perubahan politik mesti terjadi demi memenuhi tuntutan konstitusi. Keadaan ini kita pastikan bahwa memang cuma ada Anies yang terusir dari Medan Selatan dan akan pindah ke Merdeka Utara," kata Rocky Gerung 

Sebelumnya, Rocky menyampaikan bahwa dukungan terhadap Anies sudah tak terbendung, bahkan oleh skenario kasus Formula E di KPK. Dia yakin Anies bisa meraih suara mayoritas rakyat.

"Enggak adil kalau Anies menang 80 persen. Kita cuma butuh 51 persen. Itulah demokrasi," ujarnya.
 
Mantan Wakil Menteri ATR/BPN yang juga mantan politikus PSI, Surya Tjandra kembali menegaskan dukungannya kepada Anies Baswedan. Menurutnya, ada dua kepala daerah di Indonesia ini yang dari awal berkuasa sampai menjelang atau sampai akhir itu kerap diserang, tapi bisa berhasil. 

"Pertama adalah pak Jokowi dan kedua adalah Anies Rasyid Baswedan, sama-sama berhasil. Jadi buat saya itu pilihan yang sangat rasional dan sangat masuk akal kalo Anies Rasyid Baswedan melanjutkan kepemimpinan pak Joko Widodo yang berikutnya," ujar Surya Tjandra

Kader tiga partai dari Golkar, PAN, dan PPP.

Photo :
  • Istimewa

Sebelumnya, Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat dukungan jadi calon presiden atau capres dari sejumlah kader dari Golkar, PAN, dan PPP yang tergabung Kuning Ijo Biru (KIB) grassroot atau akar rumput. 

Mereka mendeklarasikan dukungan ke Anies sekaligus membuat Sekretariat Bersama (Sekber), Koordinator Sekber KIB grassroot Habil Maratti, menjelaskan deklarasi pihaknya ini dilakukan di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Rabu, 1 Februari 2023. 

Kata dia, Sekber yang dibentuk dari tiga elemen, yakni Go Anies, Amanat Indonesia dan Forum Kabah Membangun.  

"Kita (KIB) jelas ke Anies, bukan kaleng-kaleng. KIB ini berisikan Go anies, Amanat Indonesia dan Forum Kabah Membangun. Kehadiran KIB bukan keinginan kita tapi sebuah tuntutan, karena pemerintah tidak menghendaki kelahiran Anies," kata Habil. 

Dia mengatakan, rakyat menyoroti dugaan upaya penjegalan terhadap Anies dalam konstestasi Pilpres 2024. Ia bilang, dari informasi yang didapatkan, ada dugaan parpol di luar pemerintah tak diperkenankan mengusung figur capres. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya