Mahfud MD: Indeks Persepsi Hukum RI sejak Kasus Ferdy Sambo Rendah Sekali

Menpora Amali ikuti rapat perdana yang dipimpin Ketua Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Menko Polhukam.
Sumber :

VIVA Politik – Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebut, kasus pembunuhan berencana yang dilakukan eks Kadiv Propam Ferdy Sambo menjadi salah satu penyebab menurunnya indeks persepsi hukum di Indonesia.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

Mahfud mengatakan, adanya dugaan tersebut dikarenakan indeks persepsi hukum anjlok di angka 34 pada 2022. Sehingga, Ia takut kasus tersebut akan terendus dan menjadi pembahasan di sidang PBB Juni 2023.

"Pada tahun 2022 itu sudah naik menjadi 64 indeks persepsi hukum--via [riset] Kompas--tertinggi, dalam dua tahun naik 14. Tetapi sejak kasus Sambo itu, rendah sekali," ujar Mahfud kepada wartawan, Kamis 2 Februari 2023.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Mahfud, sebenarnya bukan hanya dari kasus Sambo saja Indeks persepsi hukum menjadi menurun. Namun, kata dia, juga bercampur dengan adanya kasus-kasus korupsi hingga narkoba yang juga ada di tubuh Polri.

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

"Itu juga sekarang sudah bercampur-campur dengan korupsi kan itu, terkait dengan urusan judi, narkoba, bekingan, indeks persepsi kita rendah sekarang," ucap Mahfud.

"Terendah sepanjang sejarah reformasi--34. Saya sudah sampaikan hal ini, mungkin indeks persepsi korupsi kita anjlok, keamanan anjlok," sambungnya.

Mahfud mengatakan Indonesia tidak pernah lagi tercatat sebagai negara pelanggar hak asasi manusia (HAM) sejak 3 tahun terakhir. "Nah saya khawatir sekarang ini bisa di Papua masih banyak terjadi seperti itu, meskipun pemerintah sudah ngalah ya, tentara yang menjadi korban," kata Mahfud.

Irjen Teddy Minahasa

Photo :
  • ANTARA

Mahfud juga mengatakan semenjak kasus Ferdy Sambo menjadi heboh, bahkan tidak hanya di Indonesia, media asing pun ikut menyoroti kasus itu. Dia khawatir akan muncul seperti kasus Sambo pada masa depan.

"Lalu kasus Sambo ini kan jadi isu pelanggaran HAM, saya khawatir ini (kasus Sambo) muncul lagi di bulan Juni yang akan datang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya