Pesawat Susi Air Diduga Dibakar OPM, DPR Ingatkan Perintah Jokowi agar Ditindak Tegas

Politikus Golkar Dave Laksono.
Sumber :
  • Istimewa/Ryan Rizki

VIVA Politik – Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono menyoroti peristiwa pembakaran pesawat milik Susi Air saat berada di Landasan Terbang Paro, Dostrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa pagi, 7 Februari 2023.

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka

"Presiden sudah menyampaikan bahwa tindakan anarkis di Papua harus disikapi dengan tegas," kata Dave saat kepada awak media.

Politikus partai Golkar ini mengatakan aksi-aksi kekerasan dan pengrusakan yang dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris OPM hanya akan menyengsarakan masyarakat Papua.

DPR Sebut UU Kementerian Negara Sudah Usang, Perlu Direvisi

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penyerangan dan pembakaran terhadap lokasi camp mining 81 Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Photo :
  • Dok. Humas Polda Papua.

"Kerusuhan yg berkelanjutan ini hanya menyengsarakan masyarakat Papua, dan tidak menyelesaikan apapun," kata Dave.

KPU Sebut Caleg Terpilih Tak Perlu Mundur jika Daftar Pilkada 2024

Selain itu aksi-aksi anarkis dan berbagai pengrusakan fasilitas publik hingga alat transportasi, justru akan mengganggu banyak sektor kesejahteraan rakyat di Papua.

"Kemajuan ekonomi dan pendidikan serta kesejahteraan rakyat Papua selamanya terhambat bila tidak bisa diciptakan situasi yang kondusif di sana," imbuhnya.

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar oleh OPM di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Kondisi pilot belum diketahui. Pesawat Susi Air tersebut tercatat sebagai pesawat PK BVY dengan rute Timika-Paro.

VIVA Militer: Kelompok teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Photo :
  • Youtube

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring dalam pesan singkat membenarkan kejadian tersebut. “Benar pesawat Susi Air sudah dibakar. Pelaku pembakaran diduga kuat dilakukan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) pimpinan Egianus Kogoya,” kata Danrem dalam pesan singkatnya, Selasa, 7 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya