Lewat Pantun, PKS Ajak Golkar Gabung Koalisi Perubahan

Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsy di Kantor DPP Partai Golkar
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Politik – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara tersirat mengajak Partai Golongan Karya (Golkar) untuk bergabung dalam Koalisi Perubahan

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Diketahui, ada tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan tersebut, yakni PKS, Nasdem dan Demokrat.

Ajakan tersirat itu disampaikan langsung Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsy melalui pantun saat menyambangi markas Partai Golkar di Palmerah, Jakarta Barat. "Satu pantun yang mungkin menarik kita sampaikan supaya tidak terlalu tegang," kata Habib Aboe sebelum memulai pantun, Selasa, 7 Februari 2023.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Pantun pertama itu disampaikan Habib Aboe dengan tujuan untuk mengetahui ke mana Partai Golkar akan berlayar. Dia berdalih, PKS dapat diajak partai dengan lambang pohon beringin itu untuk bergerak bersama. 

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi dan elite Golkar di DPP Golkar.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

"Jalan jalan ke Pulau Bima
Mampir Taliwang, makan ayam bakar
Sekarang kami datang bersama
Hendak bertanya ke arah mana gerakan Partai Golkar. Kali-kali aja bisa diajak gitu ye," ujarnya.

Habib Aboe kemudian melanjutkan satu pantun lainnya. Melalui pantun ini, dia mengajak Golkar secara tersirat untuk bergabung ke Koalisi Perubahan.

"Putri melayu membawa nampan
Nampan berisi bunga hiasan
Jika belum tentukan pilihan
Ayo bergabung untuk perubahan (Koalisi Perubahan)," katanya.

Pantun yang diucapkan Habib Aboe itu lantas mengundang tawa semua orang yang hadir, termasuk Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia dan para elite Golkar lainnya maupun PKS.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

Photo :
  • Dok. PKS

Seperti diketahui, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyatakan mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 sebagai bakal calon presiden (Capres) 2024. Hal tersebut dinyatakan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, M Sohibul Iman dalam konferensi pers yang digelar di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 30 Januari 2023.

Kini tercatat sudah ada tiga partai politik yang secara resmi mendukung Anies di Pilpres 2024, yaitu Partai Nasdem, Demokrat dan PKS. Mereka menamakannya sebagai "Koalisi Perubahan".

Ketiga partai itu sudah memenuhi syarat presidential threshold 20 persen atau minimal 115 kursi di parlemen untuk mengusung capres. Ketiga parpol itu terhitung memiliki kursi sebanyak 163 suara atau 28,29 persen. 

Rinciannya, PKS punya 8,7 persen suara, Partai Nasdem 10,2 persen, dan Partai Demokrat dengan 9,39 persen suara di DPR. Sehingga total suara dari Koalisi Perubahan sudah 28,29 persen atau melampaui ambang batas pencapresan 20 persen kursi DPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya