Partai Golkar Tak Akan Berpaling dari KIB Walau Dibujuk PKS

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily.
Sumber :
  • Andrew Tito/VIVA.

VIVA Politik – Partai Golkar menegaskan tetap konsisten di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), bersama dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Elite PAN: Megawati Berhak Ajukan Amicus Curiae tapi Hakim yang Putuskan Diperlukan atau Tidak

Penegasan tersebut, juga menjadi jawaban atas rayuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang mengajak Golkar untuk bergabung ke Koalisi Perubahan. Diketahui, ada 3 partai yang saat ini sedang mematangkan Koalisi Perubahan yakni Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS.

"Kita masih konsisten dengan KIB dan tentu kita akan jaga terus suasana yang kondusif dalam konteks membangun koalisi bersama sesuai dengan kesepakatan yang telah dibangun oleh ketua umum," kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily kepada wartawan seperti dikutip, Rabu, 8 Februari 2023.

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia didampingi Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Allhabsy saat memberikan keterangan pers di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Selasa, 7 Februari 2023.

Photo :
  • ANTARA/Fauzi Lamboka

Ace juga menegaskan, pihaknya tetap menjaga kekompakan dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Bahkan tidak menutup kemungkinan, adanya partai lain yang akan bergabung dengan koalisi tersebut.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

"Jadi kami tetap terus menjaga kekompakan di dalam KIB dan tentu insyaallah, mudah-mudahan akan ada satu dua partai seperti yang dikatakan oleh pak ketua umum Pak Airlangga untuk bisa bergabung dengan KIB. Sejak awal kan kita memberikan kesempatan pada partai lain untuk bisa bergabung dengan KIB," bebernya.

Sebelumnya diberitakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara tersirat mengajak Partai Golongan Karya (Golkar) untuk bergabung dalam Koalisi Perubahan. 

Ajakan tersirat itu disampaikan langsung Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsy melalui pantun saat menyambangi markas Partai Golkar di Jalan Anggrek Nely, Jakarta Barat.

"Satu pantun yang mungkin menarik kita sampaikan supaya tidak terlalu tegang," kata Habib Aboe sebelum memulai pantun, Selasa, 7 Februari 2023.

Pantun pertama itu disampaikan Aboe Bakar, dengan tujuan untuk mengetahui ke mana Partai Golkar akan berlayar. Aboe berdalih, PKS dapat diajak partai dengan lambang pohon beringin itu untuk bergerak bersama. 

"Jalan jalan ke Pulau Bima
Mampir Taliwang, makan ayam bakar
Sekarang kami datang bersama
Hendak bertanya ke arah mana gerakan Partai Golkar. Kali-kali aja bisa diajak gitu ye,"
sambungnya.

Habib Aboe kemudian melanjutkan satu pantun lainnya. Melalui pantun ini, Aboe Bakar mengajak Golkar secara tersirat untuk bergabung ke Koalisi Perubahan.

"Putri melayu membawa nampan
Nampan berisi bunga hiasan
Jika belum tentukan pilihan
Ayo bergabung untuk perubahan (Koalisi Perubahan),"
ungkapnya.

Pantun yang diucapkan Habib Aboe itu lantas mengundang tawa semua orang, termasuk Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia dan para elite Golkar lainnya maupun PKS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya