Gibran - Dico Ganinduto Diunggulkan Milenial Maju Pilgub Jawa Tengah 2024

Gibran Rakabuming Raka Bersama Dico M Ganinduto
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Politik – Lembaga survey Aksara Research and Consulting (ARC), merilis hasil survei terkait tokoh pilihan anak muda di Jawa Tengah. Terutama yang diinginkan maju dalam Pilgub Jawa Tengah 2024.

Perum Perhutani Berangkatkan Ratusan Pemudik di Progam Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menjadi favorit sebagai pasangan calon gubenur dan calon wakil gubernur Jawa Tengah. 

Gibran yang masih 35 tahun, dan Dico yang masih 32 tahun, dinilai sosok yang bisa mewakili anak muda lewat terobosan-terobosan yang mereka lakukan di wilayah kepemimpinan masing-masing.

436 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Lewat GT Cikampek Utama Sampai H-3 Lebaran

Hasil survei tersebut, menempatkan duet Gibran - Dico di posisi teratas dengan keterpilihan 31,8 %. Kemudian mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan Wakil Gubernur Jateng saat ini, Taj Yasin Maimoen, diurutan kedua dengan 24,6 %. 

ARC juga mencoba menggulirkan pasangan Gibran - Hendrar Prihadi, tapi hanya meraih elektabilitas 15,4 %. Sisanya sebesar 18,9 persen memilih abstain.

Penjaringan Cagub Sumatera Utara Partai Golkar Lewat Survei, Ijeck Masih yang Tertinggi

Aksara Research and Consulting pada saat melakukan survei, responden dibatasi dengan rentang usia 17-39 tahun. Survei dilakukan pada 15-25 Januari 2023.

Hasil survei juga mendeteksi faktor yang mempengaruhi responden dalam menentukan jawaban. Antara lain mewakili harapan anak muda untuk memimpin Jawa Tengah. Selain itu unsur asal partai juga berperan dalam mempengaruhi anak muda untuk menentukan pilihannya.

Dico Ganinduto menanggapi kalem rilis hasil survei tersebut. Saat dihubungi media, Dico mengirim pesan singkat yang memberi sinyal langkahnya ke depan dalam kontestasi pilkada serentak 2024.

"Amin YRA, saya fokus beresin Kendal dulu ya. Tapi kalau ke depan kesempatannya ada kita dinamis aja," jelas Dico.

Sebelumnya, suami Chacha Frederica tersebut memang sempat beberapa kali terlihat melakukan kegiatan bersama dengan Gibran. Salah satunya wisata kuliner bareng di sela acara Rakornas Kepala Daerah se Indonesia di Sentul Bogor beberapa waktu lalu.


Laporan: Teguh Joko Sutrisno/ tvOne Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya