Hasil Musra Jawa Tengah, Ganjar Unggul Tipis dari Prabowo di Kandangnya

Konferensi pers hasil Musra relawan Jokowi
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada di posisi puncak calon presiden, selisih tipis dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dalam Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) XVII di Jawa Tengah. Sementara itu, untuk calon wakil presiden, nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamann Mahfud MD kembali masuk tiga besar.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

"Jawa Tengah luar biasa. Selain ramai, juga banyak kejutan. Prabowo melonjak di kandang Ganjar. Meski Ganjar teratas, tapi bedanya tipis sekali dengan Prabowo," kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea kepada wartawan, Rabu 8 Februari 2023.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
Prabowo Sowan ke PKB, Disambut Pakai Karpet Merah

Untuk capres, Ganjar Pranowo ada di posisi pertama dengan raihan 32,13 persen. Disusul Prabowo Subianto 31,06 persen, Moeldoko 13,86 persen, Airlangga Hartanto 11,99 persen, Mahfud MD 3,97 persen, Ridwan Kamil 2,09 persen, Anies Baswedan 1,52 persen, Yusril Ihza Mahendra 0,86 persen, Erick Thohir 0,77 persen, Muhaimin Iskandar 0,64 persen, dan nama lainnya 1,11 persen

Kemudian untuk nama cawapres, Ganjar duduk di posisi atas dengan angka 33,52 persen. Disusul Moeldoko 21,18 persen, Mahfud MD 16,11 persen, Arsjad Rasjid 9,94 persen, Sandiaga Uno 9,48 persen, Erick Thohir 2,65 persen, Ridwan Kamil 2,40 persen, Puan Maharani 1,85 persen, Muhaimin Iskandar 1,16 persen, Gibran Rakabuming Raka 0,66 persen, dan nama lainnya 1,05 persen

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Tiga besar capres sejauh ini, Ganjar dan Prabowo saling salip. Ada juga nama Airlangga. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga, Arsjad paling konsisten. Ada juga nama Moeldoko," katanya.

Andi Gani menambahkan, sepengetahuannya sebagai relawan Jokowi sejak dulu, presiden masih membuka dukungannya ke semua pihak. Belum dipastikan dukungan ke salah satu calon.

"Presiden belum menentukan dukungan. Masih terbuka ke banyak sosok. Beliau mendukung semua sosok untuk berkompetisi, seperti Pak Ganjar, Pak Prabowo, Pak Airlangga. Belum ada dukungan definitif," ujar dia.

Sementara itu, penanggung jawab Musra Budi Arie Setiadi menambahkan Ganjar dan Prabowo amat ketat bersaing di Jateng. Meski persaingan ketat, seluruh pendukung kata dia tetap adem ayem.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri)

Photo :
  • Istimewa

Bahkan, selesai Musra, semua pendukung dangdutan bersama. Untuk agenda Musra berikutnya, lanjut Budi, bakal dilanjutkan di Medan, Sumatera Utara, 11 Februari, kemudian Sultra dan Kaltara 19 Februari. Setelah itu Papua dan Maluku Utara.

"Antusiasme Jateng tinggi. Ganjar dan Prabowo sangat tipis. Beda 100 suara. Saya pikir akan telak memang Ganjar. Penjelasannya mungkin mesin relawan sudah bekerja. Artinya, ini miniatur pemilu. Semua sudah mengerahkan massa. Siapapun boleh mengerahkan massa dan amat terbuka di Musra," ujar Budi menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya