Dijagokan Jadi Duet Pilgub Jateng, Ini Jawaban Gibran dan Dico

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Bupati Kendal Dico M Ganinduto.
Sumber :
  • Dok. Gibran Rakabuming Raka

VIVA Politik - Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Bupati Kendal Dico M Ganinduto menempati urutan teratas dalam bursa Pilgub Jawa Tengah 2024 yang dilakukan Lembaga survei Aksara Reasearch dan Consulting. Dua kepala daerah itu ternyata sudah kenal akrab.

Gibran Rakabuming Ikuti Arahan Prabowo Subianto Soal Pembatalan Aksi Damai di Gedung MK

Salah satu momen keakraban itu saat Gibran dan Dico pernah jajan siomai dan bakso bersama di pinggir jalan.
Seperti diketahui Bupati Kendal yang akrab disapa Dico merupakan kepala daerah termuda di Jawa Tengah. 

Ia merupakan politisi Partai Golkar yang telah menjabat sebagai kepala daerah di Kabupaten Kendal sejak tahun 2021. Bahkan Dico santer dikabarkan bakal diduetkan dengan Gibran di Pilgub Jawa Tengah mendatang.

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

Menanggapi itu, Dico mengaku bersyukur dengan hasil survei yang dilakukan Aksara Research dan Conslting. Namun, ia menilai prosesi untuk menuju arah itu masih panjang.

“Ya, saya tanggapi dengan ucapan alhamdulillah, amin ya robbal’alamin ya. Tapi tentunya proses ini kan masih panjang. Ya saya sekarang juga masih fokus membenahi Kendal untuk memberikan yang terbaik untuk Kendal,” kata Dico melalui zoom saat telekonferensi dengan sejumlah wartawan di Solo, pada Rabu malam, 8 Februari 2023.

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan

Meskipun Gibran dan dirinya diunggulkan dalam survei tetapi ia mengaku perlu tahapan lebih lanjut. Menurut dia, hal itu karena dirinya sebagai kader Partai Golkar mesti menunggu keluarnya rekomendasi dari partai. 

Seperti diketahui, kedua kepala daerah itu berasal dari partai yang berbeda. Gibran sendiri merupakan kader partai PDIP.

“Kalau saya pribadi kan dua hal yang penting, yang pertama tentunya bagaimana perintah atau rekomendasi dari partai masing-masing tentunya karena faktor yang paling penting," jelas Dico.

Lalu, dia menekankan perlu juga penerimaan masyarakat.  Bagi dia, dua hal itu penting.

"Jadi, kalau kedua hal itu memang menunjukkan arah yang baik, ya menurut saya sebagai politisi ya sangat dinamis saja sih,” kata dia.

Gibran Rakabuming Raka Bersama Dico M Ganinduto

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Terpisah, Gibran mengaku sempat bertemu dengan Dico saat menghadiri acara Rakornas Kelapa Daerah dan Forkompinda di Bogor ada Selasa 17 Januari 2023. Saat itu, ia bersama Dico sempat jajan bareng bakso dan siomai di pedagang kaki lima di sekitar lokasi acara pertemuan. Selain makan, keduanya juga sempat membicarakan politik.

“Ngobrolin akeh, ngobrolin 2024,” ujar Gibran singkat.

Lantas, saat ditanya dalam pertemuan tersebut membahas peluang maju bersama di Pilgub Jawa Tengah, ia irit bicara. “Ya etok-etok ora ngerti (ya pura-pura tidak tahu),” kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya