Kabar JK Lebih Dukung Anies Baswedan, Sekjen Golkar: Belum Tahu Persis

Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus memberikan arahan saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Partai Golkar di Jakarta, Senin, 21 November 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A

VIVA Politik – Sekjen Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus, belum bisa memastikan mengenai kabar bahwa Jusuf Kalla (JK) telah memantapkan diri untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Walau diakui Lodewijk, Anies memang dekat dengan JK. 

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

"Yang jelaskan kita juga enggak tahu ya apakah Pak JK ke sana (dukung Anies) Kita kan belum tahu persis," kata Lodewijk ditanyai awak media di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Februari 2023.

JK sempat menjadi Wakil Presiden RI yakni 2004-2009 dan 2014-2019. Dia juga pernah menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Lodewijk mengatakan, dari informasi diterimanya dari keponakan JK yang juga kini menjabat Wakil Ketua Umum Golkar, Erwin Aksa, JK belum memantapkan pilihan politiknya kepada Anies Baswedan.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

"Kami mendengar dari Pak Erwin yang notabenenya beliau adalah wakil ketua umum penggalangan strategis, informasi yang kami dengar engga gitu kok," kata Lodewijk. 

Wakil Ketua DPR itu lantas memastikan, hubungan antara JK dengan Partai Golkar masih baik-baik saja. Menurut Lodewijk, jika JK diundang ke acara Golkar pasti selalu hadir. Meski begitu, Lodewijk menekankan, partainya akan menghormati siapapun capres yang akan didukung JK nantinya.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

"Menurut saya, itu haknya beliau," imbuhnya.

Diketahui, Golkar melalui Musyawarah Nasional (Munas) tahun lalu sudah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai capres usungan partai untuk Pilpres 2024. Namun beberapa waktu lalu, JK juga menegaskan kedekatannya dengan Anies Baswedan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya