Koalisi Indonesia Raya Deklarasi Capres-Cawapres pada Akhir Maret, Kata Elite PKB

Politikus PKB yang juga anggota Komisi IV DPR, Daniel Johan.
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Politik – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan mengatakan Koalisi Indonesia Raya (KIR) tengah menyusun tim ahli untuk persiapan Pilpres 2024. Tim ahli itu nantinya akan mengevaluasi kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo serta menyusun terobosan kampanye untuk digagas PKB dan Gerindra.

Muktamar VIII Digelar, JK Wanti-wanti Dewan Masjid Nasional Jangan Jadi Tempat Pergulatan Politik

"Sekarang ini kalau dari koalisi kita, sekarang sedang membuat tim ahli yang mengevaluasi apa yang sudah berjalan dua periode pemerintahan sekaligus merumuskan kebijakan-kebijakan politik dalam konteks ada terobosan yang dilakukan Koalisi Indonesia Raya, yang bisa ditawarkan kepada rakyat," kata Daniel Johan seperti dikutip dari talkshow Polemik bertajuk 'Tarik Menarik Safari Politik' di YouTube MNC Trijaya, Jumat, 10 Februari 2023.

Mengenai rencana deklarasi, Daniel Johan mengatakan PKB terus berkomunikasi secara intens dengan Gerindra. Rencananya, deklarasi akan dilakukan pada akhir Maret 2023.

Ricuh Pleno di Yalimo Papua, Wakapolres-Kasat Lantas Diserang Batu dan Panah

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar.

Photo :
  • Rahmat Fatahillah Ilham/VIVA.

Kendati begitu, Daniel Johan menyerahkan keputusan deklarasi ini kepada masing-masing ketua umum baik dari Gerindra maupun PKB. Sebab, deklarasi calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) merupakan bagian strategi politik.

JK Tegaskan Tak Bawa-bawa Golkar Jika Bertemu Megawati: Saya Sebagai Jusuf Kalla

"Dari konteks deklarasi, kita terus berkomunikasi mudah-mudahan akhir Maret bisa dilakukan. Tapi pada akhirnya kita menyerahkan pada kedua ketua, pimpinan, Ketum PKB dan Gerindra, sejauh mana mereka berkomunikasi," katanya.

"Pada akhirnya, apakah (deklarasi) itu Maret, atau lebih cepat atau diundur, itu bagian dari strategi. Momentum strategi sehingga deklarasi capres dan cawapres itu bagian dari strategi yang dirumuskan Ketum," kata Daniel Johan.

Koalisi Indonesia Raya (KIR) yang terdiri dari PKB dan Gerindra ini belum mendeklarasikan sosok capres dan cawapres hingga kini meski kedua partai politik telah membangun Sekretariat Bersama (Sekber).

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Twitter @cakimiNOW

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berharap bisa mendeklarasikan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sebelum Ramadhan.

Kata Cak Imin, para kiai dan ulama dari pondok pesantren menyarankan PKB agar bisa memulai kampanye saat bulan Ramadhan.

"Kita berharap sudah ada keputusan siapa capres, siapa cawapres itu para kiai berharap sebelum Ramadhan," kata Cak Imin dalam acara Sarasehan Nasional Satu Abad NU di Jakarta, Senin, 30 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya