Demokrat Sebut Banyak Pihak Kaget dan Gamang dengan Pembentukan Koalisi Perubahan

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

VIVA Politik – Partai Demokrat mengungkapkan, banyak pihak yang kaget dan tidak percaya atas terbentuknya Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Demokrat, Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ajukan Diri jadi Amicus Curiae, Megawati Soekarnoputri: Semoga Ketuk Palu MK Bukan Palu Godam

"Mereka ini gamang dan khawatir, melihat arus perubahan yang menjadi aspirasi dan harapan besar masyarakat, mendapatkan saluran dan ruang yang luas serta terkonsolidasi dalam Koalisi Perubahan," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Minggu, 12 Februari 2023.

Herzaky mengatakan, Koalisi Perubahan ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama, Koalisi Perubahan satu-satunya koalisi yang sudah jelas bakal calon presiden (capres), yaitu Anies Baswedan.

Serahkan Kesimpulan ke MK, Kubu Ganjar: Kami Ingin Pemungutan Suara Ulang di Indonesia

Tim Kecil Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan makan siang bersama

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kedua, secara matematis, koalisi ini memiliki total kursi dukungan di parlemen yang tertinggi mencapai 28 persen. Hal itu jika melihat pemetaan prediksi koalisi saat ini. "Kalau ternyata ada parpol lain yang memutuskan bergabung juga dengan kami, semakin besar dan kuat berarti koalisi ini," ujarnya.

Gibran Akui Ada Pembicaraan soal Kemungkinan Koalisi dengan PDIP

Ketiga, menurut dia, Koalisi Perubahan satu-satunya koalisi yang memiliki mesin partai dengan kesiapan menghadapi Pemilu 2024 dan dukungan masyarakat akar rumput melalui relawan pendukung capres.

"Yang lain, ada yang punya mesin partai, tak punya dukungan relawan pendukung capres. Ada yang punya relawan pendukung capres, tapi belum jelas partai mana yang mendukung. Kami satu-satunya yang sudah punya kombinasi keduanya," ujarnya.

Dengan demikian, Herzaky melanjutkan, semakin banyak isu yang diembuskan berbagai pihak, yang berupaya untuk mendegradasi ataupun mendiskreditkan Koalisi Perubahan.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Photo :
  • Istimewa

Herzaky menuturkan, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja berpesan untuk fokus membangun Koalisi Perubahan semakin makin solid dan berharap koalisi dengan PKS dan Nasdem ini bisa menghadirkan yang terbaik bagi masyarakat

"Bagi Mas AHY, bagaimana upaya penting itu benar-benar bisa kami kawal betul. Ketum AHY juga menyampaikan kepada kami, untuk tidak terganggu dengan hal-hal lain," katanya.

Bagi AHY, kata Herzaky, Koalisi Perubahan mempersiapkan diri dan meyakinkan masyarakat bahwa jika masyarakat ingin perubahan dan perbaikan ke arah Indonesia yang lebih baik lagi, Demokrat siap memperjuangkannya bersama rakyat lewat Koalisi Perubahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya