PAN: Jika KIB-KIR Bersatu akan Tambah Kekuatan, Bukan Jeruk Makan Jeruk

Koalisi Indonesia Bersatu KIB
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyambut baik usulan peleburan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). KIB merupakan poros yang diinisiasi Golkar, PAN, dan PPP.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Menurut Viva, jika digabung jadi satu koalisi, maka pasangan capres-cawapres yang diusung di Pilpres 2024, pasti menang.

"Bayangkanlah betapa bila koalisi KIR ditambah KIB maka akan menambah kekuatan politik dan menambah basis konstituen di Pilpres 2024. Dengan demikian paslon yang akan diusung berpotensi untuk memenangkan pilpres," kata Viva kepada awak media, Minggu, 12 Februari 2023.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Dia mengaku tak khawatir jika PKB gabung bersama KIB. Menurut dia, hal tersebut justru saling menguatkan karena PKB dan KIB memiliki basis konstituen masing-masing.

"Itu akan saling menguatkan. Tidak akan jeruk makan jeruk karena masing-masing partai politik yang di KIB telah memiliki basis konstituennya masing-masing," ujar Viva.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Pun, dia menilai PKB akan jadi energi baru bagi KIB. Lalu, sebaliknya, KIB bisa jadi energi terbarukan bagi PKB dan koalisi KIR. 

Dia sempat bercanda, kalau singkatan PKB bukan hanya Partai Kebangkitan Bangsa, tetapi juga bisa PKB diartikan Partai KIB Banget.

"Soal siapa yang akan diusung sebagai paslon di Pilpres, akan ditentukan kemudian. Hal itu tidak akan terlalu rumit dan dibuat sederhana saja. Tidak akan voting, tetapi melalui musyawarah mufakat," tutur Viva.

"Yang penting seluruh anggota koalisi dapat menerima platform dan kerja koalisi untuk 10 tahun ke depan. Untuk itu maka paslon yang diusung wajib menang," tutur Viva.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Twitter @cakimiNOW

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sama-sama membuka peluang meleburnya KIB dan KIR. Airlangga mengatakan, peleburan tersebut menambah kekuatan koalisi yang berisi partai pendukung pemerintah tersebut.

"Dua-duanya mengajak. Jadi kalau dua-dua bergabung lebih kuat lebih baik. Dan jangan lupa ini semua partai pemerintah," kata Airlangga di kawasan Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Februari 2023.

Hal senada disampaikan Cak Imin terkait kans bersatunya dua poros parpol tersebut. Menurutnya, penyatuan dua koalisi dapat menjadikan proses pemilu semakin efektif. 

Cak Imin juga menambahkan yang terpenting kedua koalisi bisa saling menyamakan visi dan tujuan

"Jadi kita berharap partai partai mari kita samakan visi dan tujuan dan target sehingga kita betul-betul siap tidak mendadak dalam mengambil langkah langkah strategis," sebut Cak Imin.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya