Pimpin Relawan Anies di Jateng, Eks Kader PDIP: Kami Siap Jadi Matador di Kandang Banteng

Relawan di Jateng resmikan deklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan nyapres.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Dukungan terhadap eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju jadi capres 2024 terus muncul. Kali ini, dari barisan relawan yang tergabung dalam Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar AMAN) Jawa Tengah.

Presiden PKS: Ikhtiar Sudah Kita Optimalkan meski Hasil Tak Sesuai dengan Harapan

Kelompok relawan itu deklarasikan eks Mendikbud tersebut di Galdiola Hall D'Garden Hall & Resto Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu kemarin.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Laskar AMAN Jawa Tengah Slamet Sudarso menjelaskan deklarasi pihaknya sebagai bentuk komitmen perjuangan dan dukungan riil terhadap Anies. Mantan politikus PDIP itu menyampaikan Anies dipilih karena dianggap punya kapasitas dan rekam jejak yang bagus. 

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Menurut dia, rekam jejak Anies sebagai akademisi maupun pejabat publik jadi keunggulan. 

"Anies Baswedan merupakan tokoh intelektual. Ia mempunyai visi besar dan gagasan yang meyakinkan untuk kemajauan dan perubahan Indonesia," kata Slamet, dalam keterangannya, Senin, 13 Februari 2023. 

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Dia mengklaim dukungan politik pihaknya berdasarkan penilaian rasional dan obyektif. Bagi dia, hanya figur Anies yang diyakini bisa membawa keadilan, kesetaraan, untuk rakyat Indonesia. 

Slamet mencontohkan keberhasilan Anies selama jadi Gubernur DKI jadi salah satu alasan Laskar AMAN. Menurutnya, Anies sudah memimpin dengan hati dalam memberikan pelayanan tanpa membeda-bedakan. 

"Ini yang kami yakini sosok pak Anies Baswedan adalah orang yang bisa memimpin bangsa Indonesia. Apalagi kami telah mendapat banyak pencerahan dari Laskar AMAN Pusat," jelas Slamet.

Dia mengaku siap bekerja keras memenangkan Anies di Jawa Tengah. Ia mengatakan siap mengerahkan segala ikhtiar untuk memenangkan Anies di Jawa Tengah yang dianggap sebagai basis kandang partai Banteng atau PDIP.

Slamet bilang sebelum deklarasi, pihaknya juga sudah mensosialisasikan figur Anies sampai ke akar rumput.

"Karena itu, nama pak Anies Baswedan terus mendapat respons positif di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Orang bilang dicsini adalah kandang banteng tapi kami siap jadi matador," tuturnya. 

Laskar Aman Jawa Tengah resmi mendeklarasikan Anies Baswedan capres

Photo :
  • Istimewa

Sementara, Ketua Umum Laskar Aman, Ervanus Tou, menjelaskan deklarasi di Jateng sebagai bukti sosok Anies bisa diterima oleh berbagai kalangan masyarakat dari segala nusantara. Kata dia, tanpa kecuali di Jateng yang dianggap bukan basis dukungan Anies.

Ervan mengaku sebelum deklarasi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua relawan Laskar AMAN Jateng. Tanggapan masyarakat cukup beragam dan nama Anies juga menjadi perhatian.  Kata dia, Laskar AMAN Jateng siap memenangkan mantan rektor Universitas Paramadina jadi Presiden RI.

Adapun sebelum deklarasi diawali dengan dialog kebangsaan bertajuk 'Membangun Harmoni, Merawat Persatuan'. Dalam dialog itu, Juru Bicara Anies Baswedan, Indra Charismiadji menyampaikan pesan dari Anies kepada seluruh relawan agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan. 

Menurut dia, Anies berpesan agar jangan terjebak narasi-narasi kebencian yang dapat menimbulkan perpecahan. Ia menekankan Pemilu 2024 harus berjalan dengan riang gembira, penuh rasa persaudaraan, dan bermartabat.

“Dalam perjuangan memenangkan Pak Anies sebagai Presiden RI, kita akan dihujat, dibenci, dibully, dan dimusuhi, itu hal yang yang biasa. Tapi tolong, api jangan dibalas api, kita tetap utamakan persaudaraan," ujar Indra.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya