Survei Populi Center: Ganjar Ungguli Anies Jika Head to Head

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Politik – Lembaga Populi Center menyampaikan hasil survei terbaru soal elektabilitas tokoh menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Dalam survei itu, Populi Center melakukan simulasi dengan dua nama yang selama ini getol disebut sebagai calon presiden, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Hasilnya, dari simulasi head to head, Ganjar yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah itu unggul jauh atau menang telak dari Anies.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

"Pada simulasi pertama, nama Ganjar Pranowo unggul dengan 47,3 persen. Sementara Anies Baswedan 35,4 persen," ujar salah satu peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam siaran persnya, Selasa, 14 Februari 2023.

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Populi kemudian melakukan simulasi kedua dengan nama Prabowo Subianto melawan Anies. Hasilnya, Anies tetap kalah.

"Simulasi kedua, Prabowo mendapat 43,8 persen, sementara Anies hanya 37,3 persen," ujar dia.

Dari simulasi kedua juga dapat diketahui keunggulan Ganjar Pranowo lebih tinggi saat head to head dengan Anies, ketimbang Prabowo.

Selain itu, Populi Center juga melakukan simulasi dengan tiga nama sekaligus, yakni Ganjar, Anies, dan Prabowo.

Dalam simulasi tiga nama, Ganjar unggul dengan perolehan 36,3 persen. Lalu Prabowo 28,8 persen. Selanjutnya di posisi ketiga ada Anies dengan 24,5 persen.

Survei tersebut digelar pada periode 25 Januari hingga 3 Februari 2023 di 38 provinsi di seluruh Indonesia. Survei menggunakan metode acak bertingkat atau multistage random sampling.

Survei melibatkan 1.200 responden yang datanya diambil melalui wawancara tatap muka (face to face interview). Adapun margin of error +/- 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya