Hitung Mundur 365 Hari Menuju Pemilu 2024, KPU: Bukti Tidak Ditunda

KPU Provinsi Bali mengadakan parade sepeda 365 hari jelang Pemilu serentak 2024
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh

VIVA Politik – Pemilu secara Serentak bakal digelar pada 14 Februari 2024. Menandai perjalanan 365 hari menuju pesta demokrasi, KPU Provinsi Bali mengadakan parade sepeda. Kegiatan diikuti oleh partai yang telah lolos verifikasi sebagai peserta Pemilu. 

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menjelaskan, parade itu menjadi bagian dari sosialisasi besar-besaran setahun menjelang Pemilu.

"Karena banyak isu beredar pemilu ditunda. Jadi kita buktikan bahwa pemilu ini jalan. Kami mengajak seluruh Parpol FKPD, dan instansi terkait," kata Agung Lidartawan, Selasa, 14 Februari 2023.

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Kepada partai peserta Pemilu, Agung Lidartawan juga mengajak, agar pola sosialisasi kampanye dirubah. Jika sebelumnya, branding selalu ramai dengan baliho, untuk Pemilu 2024, Agung Lidartawan menyarankan menggunakan digitalisasi.

KPU Provinsi Bali mengadakan parade sepeda 365 hari jelang Pemilu serentak 2024

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh
MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan

Ditambahkan Lidartawan, eforia kampanye jalanan sudah ketinggalan jaman. Saat ini, 54 persen pemilih berasal dari kalangan milenial. Merebut hati pemilih pemula dilakukan melalui gagasan yang dikemas dalam video pendek.  

"Tapi dengan video-video pendek, sekarang pemilih milenial cukup besar jumlahnya, mereka menghendaki itu (digital). Sudah tidak ada lagi eforia di jalan, mereka engga bakalan lihat baliho," ujarnya.

Dalam kampanye damai menuju Pemilu 2024, KPU Bali juga mengemas kegiatan dalam konsep green election. Pemilu hijau itu, kata Lidartawan, dilakukan dengan cara bersepeda.

Hal itu sekaligus untuk mengkampanyekan pengurangan emisi karbon. "Seluruh kegiatan KPU wajib mendukung alam, karena kita menggunakan alam," ujarnya.

Sementara, total peserta parade sepeda mencapai 200 orang. Setelah berparade keliling  kota, peserta dari parpol melakukan pengibaran bendera di halaman gedung KPU Provinsi Bali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya