Bawaslu Harap Dukungan DPR dan Pemerintah Petugas Penyelenggara Pemilu Dapat Asuransi

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

VIVA Politik – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja berharap dukungan dari Komisi II DPR RI dan Pemerintah dapat membantu penyelenggara pemilu mendapatkan asuransi selama bekerja menyelenggarakan Pemilu 2024.

Terima Kasih ke Tim Hukumnya, Prabowo Subianto Ajak Seluruh Pihak Kembali Bersatu

"Semoga dukungan dari Komisi II dan Pemerintah bisa membantu penyelenggara pemilu mendapatkan akses terhadap asuransi," ujar Bagja saat memberikan sambutan dalam acara Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa malam, 15 Februari 2023.
 
Menurut dia, asuransi tersebut dapat mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi dari para penyelenggara dalam menyelenggarakan pemilu karena saat tahapan Pemilu 2024 telah dimulai mereka diharuskan untuk bekerja penuh waktu.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja

Photo :
  • VIVA/Rosikin
Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

 
MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

"Begitu masuk tahapan (pemilu), (penyelenggara pemilu) tidak kenal waktu lagi karena Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyatakan bahwa penyelenggara pemilu bekerja penuh waktu," kata Bagja.

 
Dengan demikian, menurutnya, penyelenggara pemilu, khususnya dalam hal ini seluruh jajaran Bawaslu tidak memiliki hari libur untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
Oleh karena itu, mereka dan para penyelenggara pemilu lainnya sudah sepatutnya memperoleh asuransi kerja yang dapat mendukung pelaksanaan tugasnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Bagja pun berharap seluruh jajaran pengawas pemilu dan panitia pengawas pemilu tingkat kelurahan dan desa mengurus segala urusan teknis penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan baik.

Penghitungan Surat Suara Pemilu. (Foto Ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

 
Ia meminta para pihak tersebut mempersiapkan pengawasan pemilu secara optimal dan memetakan dari jauh-jauh hari permasalahan kerawanan pemilu yang ada di desa dan kelurahan masing-masing.

"Dipersiapkan dengan baik serta memetakan jauh-jauh hari permasalahan kerawanan yang akan ada di desa dan kelurahan masing-masing," kata Bagja. (ant)

Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Prabowo Segera Bahas Koalisi Setelah Ditetapkan Jadi Presiden Terpilih Besok

Prabowo akan membangun komunikasi dengan semua elite politik untuk membangun koalisi.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024