Prabowo Temui Khofifah, Pengamat: Sinyal Negatif Untuk Cak Imin

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Istimewa/Nur Faishal

VIVA Politik – Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Pertemuan kedua Prabowo dengan Khofifah ini sinyal bahwa ada kemungkinan terjadi duet Prabowo-Khofifah di Pilpres 2024. 

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menyatakan pertemuan Prabowo dengan Khofifah ini sepertinya bakal membatalkan rencana duet Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024. Tanda-tanda itu terlihat setelah Cak Imin menemui Ketua Umum Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu sebagai upayanya mencari ruang baru setelah tidak adanya kepastian dari Prabowo. 

"Khofifah ini tentu menarik bagi seluruh capres. Baik Prabowo, Ganjar, dan Anies menginginkan Khofifah sebagai cawapresnya. Nggak ada yang kurang bagi Khofifah. Gubernur Jawa Timur, Perempuan, dan NU lagi. Jika saja Khofifah mau maju sebagai cawapres, ia bakal kesulitan memilih capres yang tersedia. Karena semuanya maunya dengan Khofifah," kata Arifki dalam keterangan persnya, Rabu, 15 Februari 2023.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Prabowo dan Cak Imin tanda tangan sepakat koalisi Gerindra-PKB.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Kendala yang dihadapi oleh Khofifah kedepannya kepastiannya untuk maju sebagai cawapres. Menurut Arifki, Posisi gubernur yang baru satu periode tentu bakal masuk pertimbangan Khofifah untuk maju di periode kedua. 

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

"Pilihan ini tentu sulit bagi Khofifah. Sebab, terpilih sebagai Gubernur Jawa Timur perjuangan yang cukup panjang bagi Khofifah, bahkan jabatan Menteri Sosial mau dilepasnya demi kepentingan maju sebagai gubernur Jawa Timur," ujar Arifki.

Selain itu, Khofifah perlu menjelaskan kepada publik tentang kasus yang menyeret anggota DPRD Jawa Timur beberapa tidak terkait dengannya. Jika Khofifah mampu menjelaskan hal tersebut, posisi Khofifah sebagai cawapres terkuat di Pilpres 2024 bakal sulit disaingi oleh figur-figur lainnya. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Meskipun, nanti ada figur NU lain yang ikut maju sebagai cawapres, misalnya Cak Imin. Peluang Khofifah tentu masih besar dibalik magnetnya sebagai Gubernur Jawa Timur, Perempuan, dan NU. 

"Cak Imin harus memastikan posisinya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB),  Koalisi Perubahan dan PDIP,  jika Prabowo memilih Khofifah sebagai cawapresnya. Sebagai Ketua Umum PKB, Cak Imin masih punya waktu untuk membawa PKB kemana-kemana dengan sebagai syarat kursi cawapres harus miliknya” ujar Arifki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya