Endang Irzal Cagub Sumbar Paling Kaya

Rupiah di Bank Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Irwin Fedriansyah

VIVAnews - Marlis Rahman menjadi calon gubernur Sumatera Barat termiskin menurut laporan hasil kekayaan yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Data yang dilansir Komisi Pemilihan Umum Sumbar, Endang Irzal yang pernah jadi pimpinan  PT Semen Padang tercatat sebagai calon gubernur terkaya dibanding calon lain.
 
Endang yang diusung koalisi Demokrat dan Gerindra ini tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 17,6 miliar. Sedangkan Marlis Rahman, calon dari incumbent yang diusung Golkar dengan dukungan PDIP memiliki kekayaan Rp 1,6 miliar.
 
“Ini laporan terbaru yang diterima KPU Sumbar dan langsung kita umumkan,” kata anggota KPU Sumbar divisi sosialisasi Husni Kamil Manik, Senin, 14 Juni 2010.
 
Harta kekayaan para calon ini berupa harta tidak bergerak, gedung, tanah, serta surat-surat berharga dan logam mulia. Endang tercatat memiliki tanah dan bangunan di Jakarta Selatan dan Padang.

Sedangkan Fauzi Bahar yang saat ini menjabat sebagai Walikota Padang untuk kali kedua tercatat sebagai cagub Sumbar terkaya kedua setelah Endang Irzal.
 
Menurut data KPK tersebut, Fauzi Bahar tercatat memiliki harta kekayaan Rp 5,7 miliar. Sedangkan Irwan Prayitno dan Edi Warman masing-masing memiliki harta kekayaan Rp 2,8 miliar dan Rp 3,3 miliar.
 
Untuk calon wakil gubernur, Muslim Kasim menjadi yang terkaya. Pasangan Irwan Prayitno yang diusung PKS ini memilik harta kekayaan mencapai Rp 3,4 miliar. Aristo Munandar yang merupakan pasangan Marlis Rahman di posisi kedua dengan total kekayaan Rp 2 miliar.
 
Sedangkan cawagub Sumbar paling sedikit harta kekayaannya yakni Husni Hadi dengan total kekayaan hanya Rp 163 juta. Sementara Asrul Syukur dan Yohannes Dahlan memiliki harta kekayaan masing-masing Rp 1,4 miliar dan Rp 736 juta.
 
Lima pasang calon gubernur Sumbar akan bersaing pada Pemilukada serentak di Sumbar pada 30 Juni mendatang. Lima pasang tersebut yakni, Edi Warman-Husni Hadi; Marlis Rahman-Aristo Munandar; Endang Irzal-Asrul Syukur; Irwan Prayitno-Muslim Kasim; Fauzi Bahar-Yohanes Dahlan. (hs)

Laporan: Eri Naldi | Padang

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024