Demokrat Sebut AHY Sesuai 5 Kriteria Cawapres Keinginan Anies Baswedan

Anies Baswedan (kiri) bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Demokrat, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik– Partai Demokrat mengklaim ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki 5 kriteria yang diharapkan oleh Anies Baswedan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pemilu 2024.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

"Tentu apa yang disampaikan oleh Pak Anies dimiliki oleh Ketum Partai Demokrat Mas AHY. Lima kriteria objektif cawapres yang dijelaskan Pak Anies sejak jauh-jauh hari sudah beliau sampaikan dan konsisten,” kata Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution kepada awak media, Rabu, 15 Februari 2023. 

Syahrial lantas menjelaskan kemampuan AHY dalam mengurus Partai Demokrat. 

Terima Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo, Demokrat Tak Pusingkan soal Jatah Menteri

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Photo :
  • Istimewa

"Jika kita sedikit runut ke belakang, bagaimana kemampuan Mas AHY mensolidkan struktur partai dalam menghadapi pembegalan Demokrat oleh KSP Moeldoko dan kawan-kawan. Maka akan terasa juga nantinya kemampuan Mas AHY dalam mengorkestrasi struktur Demokrat manakala Anies-AHY bertempur memenangkan Pilpres 2024," ujarnya.

Isu Demokrat Bakal Dapat Jatah 4 Menteri, Demokrat: Itu Rahasia Mas AHY dan Pak Prabowo

Syahrial menilai AHY sudah melalui tahapan pembuktian ketika menghadapi persoalan tersebut. AHY, klaim Syahrial, terbukti tidak akan mudah digertak apalagi ditundukkan dengan cara-cara kekuasaan yang tidak konstitusional. 

Lebih dari itu, Syahrial menilai kepemimpinan AHY di Partai Demokrat juga akan memperkuat kedudukan Koalisi Perubahan di mata masyarakat. Sebab, tambah Syahrial, AHY mempunyai kemampuan untuk memenangkan kontestasi bersama Anies.

"Kemampuan memimpin Mas AHY di partai otomatis akan memperkuat kedudukan Koalisi Perubahan di mata rakyat. Tidak ada keraguan dari rakyat bahwa Koalisi Perubahan yang terdiri dari Demokrat, Nasdem dan PKS, karena memang memiliki kemampuan untuk tidak hanya mengusung capres dan cawapres, melainkan juga memenangkan kontestasi," kata Syahrial.

Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan kriteria calon pasangannya pada Pilpres 2024. Anies hingga saat ini telah didukung oleh tiga partai politik yang memiliki kursi di Parlemen, yakni Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. 

Anies menuturkan, saat ini dirinya bersama Koalisi Perubahan masih tahap memastikan persyaratan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20 pers  terpenuhi. Karena tanpa modal tersebut, maka tidak akan maju dalam kontestasi Pilpres.

"Sebenarnya kami dalam fase memastikan bahwa persyaratan itu terpenuhi, karena tanpa persyaratan 20% terpenuhi saya rasa siapa pun juga akan berpikir 2-3 kali untuk ikut dalam pasangan. Karena belum ada, tapi insya Allah belum lama akan tuntas," kata Anies saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023. 

Partai Ummat menyatakan mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024, meski belum memiliki kursi di parlemen. 

Dalam kesempatan tersebut, mantan Menteri Pendidikan itu mengungkapkan lima kriteria cawapres yang diinginkannya. 

Pertama, kata Anies, teknokrat dengan arah dan kerja yang berkontribusi signifikan pada pemenangan Pilpres 2024. Kedua, sosoknya bisa memperkuat barisan Koalisi Perubahan.

Ketiga, lanjut Anies, sosok yang bisa membantu menjalankan pemerintahan dengan efektif. Keempat, memiliki garis perubahan yang sama-sama menawarkan perubahan.  Kelima, memiliki chemistry dan kerja bersama yang solid.

"Jadi lima ini, dan kami belum tahu, dan saya juga belum tahu bagaimana nantinya, tetapi doakan bisa berjalan dengan baik tentu akan mendengar semua dan harapan dari Pak Ketum," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya