PAN Bantah Gatot Nurmantyo yang Sebut Partai Ummat Bentuk Evaluasi Pendirian PAN

Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN, Viva Yoga Mauladi, merespons pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, yang mengatakan pendirian Partai Ummat merupakan bentuk evaluasi dari PAN.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam

Partai Ummat menjadi peserta Pemilu 2024, setelah verifikasi ulang di KPU dilakukan. Partai ini didirikan oleh tokoh Reformasi, Amien Rais. Amien juga adalah salah satu pendiri dari PAN.

Menurut Viva, pernyataan Gatot sangat berlebihan. Karena saat ini situasinya PAN sedang sehat-sehat saja dan tak perlu ada yang dievaluasi.

PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

"Evaluasi apaan itu ya? PAN saat ini sehat-sehat saja," kata Viva kepada wartawan, Kamis, 16 Februari 2023.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Viva menjelaskan, sejak lahir tahun 1998 sampai sekarang, garis-garis perjuangan PAN tak pernah berubah.

"Sejak pemilu 1999 sampai sekarang kader PAN  selalu masuk di kabinet pemerintahan yang berarti PAN adalah partai koalisi pemerintah. Setiap periodesasi kepemimpinan di PAN selalu tunduk patuh pada AD/ART dan peraturan partai," jelas Viva.

Viva menambahkan, hingga saat ini tubuh organisasi di PAN tetap kondusif dan tak ada pergelolakan di internal, kecuali saat kongres PAN di Kendari tahun 2020 lalu.

"Tapi karena kader PAN taat azas dan sudah dewasa dalam berpolitik, hasil-hasil kongres juga dapat diterima oleh kader dan pengurus PAN seluruh Indonesia," ujarnya.

Viva menekankan, pihaknya akan terus fokus memenangkan Pemilu 2024 mendatang. Dengan cara bekerja melayani masyarakat Indonesia.

"Tetap fokus dan serius mempersiapkan mesin organisasi, bakal caleg, perkaderan, penyiapan saksi di setiap TPS, dan melaksanakan program-program kerakyatan melalui kader dan anggota dewannya," ujarnya.

Sebelumnya, Gatot Nurmantyo, dengan suara lantang menyebut Partai Ummat adalah bentuk eveluasi dari pendirian Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah eksis dalam peta perpolitikan Indonesia.

Alasannya, kedua partai tersebut sama-sama didirikan oleh tokoh yang sama, yakni Amien Rais. Sosok yang disebut Gatot Nurmantyo sebagai tokoh sentral umat.

Hal itu diungkapkan Gatot Nurmantyo di hadapan kader Partai Ummat, dalam Rakernas 1 yang digelar di Asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

"Saya berani katakan, partai ummat mengambil spirit dari tokoh nasional. Karena Partai Ummat didirikan tokoh sentral tokoh besar umat Islam indonesia, yaitu Amien Rais," kata Gatot dengan suara lantang.

Lantas, Gatot menyebut, Partai Ummat adalah bentuk baru dari partai lama yakni PAN. 

"Telah dibuktikan dengan pendirian PAN, Partai Ummat adalah evaluasi dari pendirian PAN," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya