Soal Sindiran Amien Rais ke Prabowo, Begini Analisa Pengamat

Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) dan Sandiaga Uno (kanan) didampingi Dewan Penasehat BPN Amien Rais (kiri) memberikan keterangan pers mengenai berita bohong penganiayaan Ratna Sarumpaet, di kediaman Prabowo Subiant
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA Politik – Ketidakhadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam rakernas Partai Ummat disindir Amien Rais yang merupakan pendiri partai tersebut. Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menilai pernyataan Amin Rais tersebut bisa dikatakan reaksioner. 

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Sebab kata Arif, Prabowo dengan Amin Rais merupakan sahabat yang selama ini saling membantu. "Kalau sebagai sahabat karena kesibukanya dan kemudian karena tidak bisa hadir dalam acara tersebut tentu akan dinilai publik reaksioner," kata Arif dalam keterangan pers yang diterima Kamis, 16 Februari 2023

Amien Rais saat deklarasikan Partai Ummat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.
Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Apalagi lanjutnya, Prabowo selama ini banyak membantu partai Ummat "Kalau yang saya dengar Amien Rais mengucapkan terimakasih pada Prabowo dan Gerindra karena banyak membantu partainya," kata Arif.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais mengatakan dirinya dicuekin Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Hal itu diungkap Amien saat disinggung mengapa Prabowo tak hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

Amien menjelaskan, dirinya sudah berupaya menghubungi Prabowo Subianto selama hampir tiga bulan lamanya sebelum Rakernas Partai Ummat. Namun, upaya tersebut tak direspons oleh Prabowo. 

"Jadi, Pak Prabowo itu tiga bulan saya hubungi, tapi tidak pernah diangkat," ujar Amien kepada wartawan selepas acara Rakernas Partai Ummat, Rabu, 15 Februari 2023.

Amien Rais dan elite Partai Ummat daftar ke KPU.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Selaku pendiri Partai Ummat, Amien memastikan akan mengambil jalan berbeda dengan Prabowo yang pernah dia dukung pada Pilpres 2019.

"Ya sudahlah, jadi kita masing-masing. Saya doakan Prabowo selalu in the good shape, mudah-mudahan juga tercapai apa yang dicita-citakan, ingin jadi presiden," ujar Amien di penutupan Rakernas Partai Ummat, Rabu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya