Pangdam Cenderawasih Janjikan Operasi Pembebasan Pilot Susi Air Tak Akan Melanggar HAM

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa
Sumber :
  • ANTARA/Evarukdijati

VIVA Politik – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengatakan, Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) TNI dalam pembebasan pilot Susi Air.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

"Danrem 172/PWY ditunjuk sebagai Dankolakops TNI untuk membebaskan Philip Mark Merthens dari tangan KKB (kelompok kriminal bersenjata) dalam keadaan selamat, " kata Saleh, Kamis, 16 Februari 2023.

Pangdam, yang mengaku masih berada di Timika, menjelaskan, nantinya sebagai Dankolakops, Danrem 172/PWY akan bersinergi dengan Satgas Damai Cartenz yang dipimpin Kombes Faizal.

Hamas Terbitkan Video Baru, Isinya soal Sandera Israel Salahkan Netanyahu

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Upaya penyelamatan saat ini masih masih terus diupayakan dengan mengedepankan dialog yang melibatkan para pihak yang diutus Pemda Nduga.

Pengawasan Pilkada 2024 di Kabupaten Puncak Papua Terancam Tak Maksimal

Namun hal itu sudah berjalan beberapa waktu sehingga akan dilakukan penegakan hukum sesuai standar operasional prosedur (SOP) agar peristiwa ini tidak berlarut-larut, kata Saleh.

Menurutnya, bila tiba waktunya TNI dan Polri akan melakukan tindakan hukum secara terukur, terpilih dan terarah. Personel TNI dan Polri yang terlibat sudah terseleksi dan terpilih dalam melaksanakan tugas dan dibekali terkait penegakan HAM. "Jangan diragukan apabila tindakan yang dilakukan keluar dari rambu-rambu HAM," ujarnya.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVY yang dipiloti Philip Mark Merthens dibakar sesaat setelah mendarat dengan membawa lima penumpang. Saat ini pilot berkebangsaan Selandia Baru itu dibawa dan bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya