Nasdem Yakin Joko Agus Setyono Sekda DKI Pilihan Jokowi Bisa Netral

Joko Agus Setyono (tengah) saat dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta
Sumber :
  • Instagram @herubudihartono

VIVA Politik - Fraksi partai Nasdem DKI Jakarta yakin Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Joko Agus Setyono bisa menjada netralitas saat berhadapan dengan fraksi-fraksi legislatif yang ada di DKI.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Wakil Ketua Fraksi Nasdem DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh mengatakan pejabat yang hendak mengisi jabatan Sekda DKI harus melalui proses lelang terlebih dahulu. Sebab, Sekda DKI merupakan pejabat eselon I.

"Eselon I juga Presiden yang memutuskan, dan juga ada tim penilai sendiri. Istilahnya boleh pun dari mana-mana, kan lelang jabatan," kata Nova saat dihubungi wartawan, Jumat 17 Februari 2023.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dia masih menaruh keyakinan figur Joko Agus bisa netral. Meskipun latar belakangnya bukan ASN karir dari Pemprov DKI.

"Saya rasa kalau dalam hal ini, pasti (Joko) netral (saat bersinggungan dengan fraksi)," lanjut Nova.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Adapun, Sekretaris DPP PDIP Jakarta, Gembong Warsono mengaku tidak mengetahui sosok Joko Agus yang baru dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Meski begitu, dia tetap menyambut baik kehadiran Joko Agus sebagai salah satu pejabat eselon 1B di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Gembong menyarankan agar Joko Agus segera melakukan road show kepada beberapa pemangku kepentingan di DKI Jakarta usai dilantik. 

"Tapi, apapun karena beliau sudah dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta, konsekuensi logisnya beliau (harus) segera melakukan koordinasi dengan semua pemangku kepentingan. Road show segera," kata Gembong.

Diketahui, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melantik Joko Agus Setyono sebagai Sekda DKI menggantikan Uus Kuswanto yang sebelumnya menjadi Penjabat Sekda.

Joko Agus Setyono menandatangani berita acara pelantikan sebagai Sekda DKI.

Photo :
  • ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna.

Heru langsung yang memandu sumpah jabatan Sekda DKI Joko Agus Setyono di Balai Agung Balai Kota Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023, sekitar pukul 16.25 WIB.

"Bahwa saya akan menjaga integritas tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," demikian petikan ucapan sumpah jabatan di Balai Kota Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Joko juga sudah menandatangani berita acara pelantikan dan pakta integritas.

Joko Agus dipilih dan ditetapkan Presiden Jokowi sebagai Sekretaris Daerah DKI berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13/TPA tahun 2023 soal pengangkatan pejabat pimpinan tinggi madya di Pemprov DKI Jakarta yang ditandatangani pada Senin 13 Februari 2023.

Pemilihan Joko Agus sebagai pejabat eselon 1B di Pemprov DKI itu merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Isi aturan itu menyebutkan Presiden Jokowi memilih satu dari tiga nama calon untuk ditetapkan sebagai Sekda DKI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya