Cerita Rano Karno Rayu Jokowi Bangun Tol di Banten: Ini Permohonan Saya ke Presiden

Eks Gubernur Banten yang juga politikus PDIP Rano Karno di Museum Multatuli Rangkasbitung.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Mantan Gubernur Banten yang juga politikus PDI Perjuangan (PDIP) Rano Karno menceritakan momen dirinya merayu Presiden Jokowi agar membangun Tol Serang-Panimbang. Momen itu dilakukan Rano saat jabat Gubernur Banten periode 2015-2017.

Gugatan PDIP Diterima PTUN, Gayus Lumbunn: Permononan Kami Layak untuk Diproses

Menurut dia, saat itu dirinya bilang ke Jokowi bahwa Banten terutama Tanjung Lesung, Pandeglang perlu infrastruktur untuk menunjang sektor perekonomian. Sebab, ia memprakirakan dengan Tol Serang-Panimbang maka kawasan Pandeglang dan Lebak akan ikut terbuka.

Rano menyampaikan demikian saat Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten pada 23 Februari 2015

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

"Banten sangat perlu tol untuk menunjang perekonomian di daerah Tanjung Lesung. Saat peresmian KEK di Tanjung Lesung, Pak Jokowi bertanya itu," kata Rano, dalam keterangannya, Minggu, 19 Februari 2023. 

Usai PDIP, Giliran Edy Rahmayadi Daftar Bakal Cagub Sumut 2024 dari PKS

Dia mengatakan, awalnya pembangunan tol tersebut tak ada dalam pembangunan nasional. Tapi, menurutnya masuk jadi prioritas utama pembangunan nasional. 

Rano merasa bersyukur karena aspirasinya bisa didengar Pemerintah Pusat demi kemajuan Banten. 

"Jadi, artinya, saya dapat katakan, tol ini permohonan saya kepada presiden karena itu yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Anggota DPR tersebut.

Pun, dia menambahkan kondisi Banten secara industrial ini sudah stuck, sehingga harus melebar. Kata Rano, perkembangan Banten bukan hanya di Tangerang Raya. "Banten ini miliki potensi untuk melebarkan kawasan-kawasan industri," ujarnya. 

Eks Gubernur Banten yang juga politikus PDIP Rano Karno di Museum Multatuli Rangkasbitung.

Photo :
  • Istimewa

Lebih lanjut, Rano mengaku terkejut dengan kondisi tol yang diusulkan dirinya dulu itu. Dia sudah merasakan langsung jalur Tol Serang-Panimbang saat menghadiri acara PDIP di Rangkasbitung

Ia bilang, jarak tempuh dari Jakarta sampai Rangkasbitung hanya satu jam. "Waduh, dulu 4 jam kita dari Jakarta, sekarang sudah tol terus," tutur Rano.

Dia yakin, dengan adanya tol Serang-Panimbang, Banten nanti akan jauh berkembang dalam beberapa tahun ke depan. “Kalau sekarang APBD Banten Rp12 triliun, nanti harus lebih," katanya.

Adapun keberadaan Jalan tol Serang-Panimbang sebagai penghubung Serang dengan KEK Pariwisata Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon. Sementara, tol yang kini telah beroperasi hingga Rangkasbitung, Lebak, tersebut sudah tersambung dengan jalan Tol Tangerang - Merak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya