Menteri BUMN Sebut Jokowi Tokoh yang Lahir dari Reformasi

Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir di Pekanbaru, Riau
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Politik – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi Persatuan Nasional Aktivis 98 (PENA) yang mendirikan kantor Graha PENA 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Minggu, 19 Februari 2023. Menurut dia, sejarah peristiwa 1998 telah mengubah sistem pemerintahan Indonesia.

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Reformasi pada 1998, kata dia, mampu melahirkan banyak tokoh nasional. Bahkan, Erick menyebut salah satunya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mampu menjadi pemimpin bangsa.

“Tokoh-tokoh yang selama ini tidak pernah terpikir apa dan kenapa, siapa dan di mana, tapi lahir menjadi pemimpin bangsa salah satunya apa? Pak Joko Widodo," kata Erick.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

Presiden Jokowi saat acara puncak harlah 1 abad NU di Sidoarjo.

Photo :
  • YouTube NU Channel

Ia mengatakan reformasi mampu membuka sejumlah aspek, seperti kebebasan pers dan kebebasan berpendapat. Sejumlah aspek itu tak dimungkiri lahir dari rahim reformasi.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

"Kita bisa saksikan, setelah reformasi kalau bicara kebebasan pers tidak usah ditanya. Saya yang merupakan bagian orang media pun merasakan, persnya bebas banget. Lalu kalau kita bicara untuk kebebasan berpendapat, bebas banget juga," ujar Ketua Umum PSSI ini.

Memang, Erick menyadari kebebasan itu tidak bisa berjalan sempurna apabila masih adanya kesenjangan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah sangat berkomitmen menekan kesenjangan ekonomi.

Presiden Jokowi

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube PSI

"Bagaimana Pak Jokowi beberapa tahun terakhir mendorong yang namanya kesenjangan ini yang merupakan isu utama, terus ditekan. Agar apa? Taraf kehidupan masyarakat kita lebih baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya