Cak Imin: Jika MK Kabulkan Gugatan Sistem Pemilu Tertutup, Politik dalam Keadaan Bahaya

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mewanti-wanti adanya kejutan politik dalam waktu dekat. Dia lantas menyinggung gugatan Pemilu terbuka yang sedang digugat di Mahkamah Konstitusi (MK).

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Kita menghadapi tantangan yang benar-benar baru, sesuatu yang di luar dugaan akan terjadi kejutan-kejutan politik nasional maupun geopolitik," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Selasa 21 Februari 2023.

Dia menegaskan bahwa putusan Mahkamah Konstitusi soal Pemilu terbuka atau tertutup masih menjadi misteri dan menimbulkan kekhawatiran bagi partai yang menginginkan sistem pemilu terbuka. Pasalnya, sebentar lagi MK bakal memberikan keputusan atas gugatan tersebut.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Bayangkan kalau besok keputusan MK pemilihan umum bersifat tertutup, tidak logis. Tanpa  mendahului keputusan MK kalau itu terjadi, kita tidak tahu. Sampai detik ini kita tidak tahu, 3 hari lagi akan ada Keputusan MK dan kalau itu keputusan MK itu bersifat tertutup, tidak tahu kita," kata dia.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Apabila sampai Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan bahwa Pemilu 2024 akan tertutup, ini mengindikasikan kondisi politik Indonesia sedang genting. 

"Artinya negeri ini sedang dangerous, sedang menghadapi keadaan bahaya, politik dalam keadaan bahaya. Nah ini tantangan berat konstalasi politik nasional kita berubah tanpa kita tidak tahu yang bakal terjadi," tegasnya.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di sisi lain, Cak Imin menjelaskan jika kondisi geopolitik global juga tidak baik-baik saja. Karena ada perang yang masih berkepanjangan. Kemudian transformasi atau revolusi perubahan cara kerja dan cara politik yang kadang-kadang mengejutkan di tingkat geo politik global yang terjadi.

"Banyak negara-negara mengalami pemilu dan yang terpilih sebagai presiden rata-rata para senior di berbagai negara, trend senior. Alhamdulillah PKB telah mengawali senior Kyai Ma'ruf Amin menjadi wakil presiden 2019 yang lalu," tutur Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya