Disindir PKB Partai Ijo Lain Cuma 19 Kursi, PPP: Apa Urusannya Banding-bandingkan

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi.
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA Politik - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyayangkan pernyataan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil yang menyinggung perolehan kursi di DPR. Gus Jazil sebelumnya menyindir partai hijau lain yang hanya punya 19 kursi di Senayan.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek meminta Jazilul agar tak mengusik perolehan partai lain. Dia mengatakan demikian karena PPP juga tak pernah meremehkan PKB saat terpuruk di tahun 2009.

"Kepada sahabatku Jazilul Fawaid, Waketum PKB, Apa urusannya membanding-bandingkah sesama partai ijo," kata Awiek, kepada awak media, Selasa, 21 Februari 2023.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Dia mengungkit saat pencapaian PKB jeblok pada 2009 dengan 28 kursi. Kata Awiek, PPP tak pernah menyenggol PKB. "PPP tak pernah mengusik dan meremehkan," lanjut Awiek.

Baliho Bertebaran Dimana-mana, Kapolda Irjen Luthfi Bantah Ancang-ancang Pilgub Jateng

Pun, dia paham dengan situasi politik tahun 2009, saat PKB terpuruk. Makanya, saat itu, PPP bersimpati secara politik dengan tidak meremehkan PKB yang juga merupakan partai yang dilahirkan dari NU.

"Kami tidak meremehkan adik kami itu (PKB) yang sama-sama lahir dari NU," kata Awiek.

Kemudian, dia menambahkan saat ini posisi PPP dan PKB setara di DPR. Sebab, sama-sama memiliki satu fraksi dan memiliki hak yang sama.

"Bahkan di pimpinan MPR juga sama memiliki wakil ketua MPR yakni Pak Arsul Sani yang ruangannya bersebelahan dengan Pak Jazilul Fawaid," ujarnya.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (kiri).

Photo :
  • Istimewa

Gus Jazil sebelumnya melontarkan pernyataan bahwa PKB punya target 100 kursi di DPR pada 2024. Kata dia, jika PKB punya 100 kursi maka akan terlihat gagah dan tak minder.

"Rasanya menjadi ketua fraksi itu jalannya gagah. Dibanding dulu pernah PKB itu hanya 28 kursi itu melihat partai yang lain itu minder kalau jalan," kata Jazilul di kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa, 21 Februari 2023.

Dia pun menyinggung partai lain yang berwarna dominan hijau dengan kursi sedikit di DPR. "Jangan sampai kayak, mohon maaf, partai ijo (hijau) yang lain, yang cuman 19 kursi--satu fraksi [diwakili] satu orang [anggota DPR]," katanya.

Merujuk hasil Pemilu 2019, PPP saat ini memang punya 19 kursi di DPR. Adapun PKB dapat 58 kursi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya