Elite PKB: Hasil Survei Litbang Kompas Tunjukkan Pemerintah Bisa Atasi Masalah

Politikus PKB yang juga anggota Komisi IV DPR, Daniel Johan.
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Politik – Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan hasil survei Litbang Kompas pada Februari 2023 yang merilis tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah mengalami peningkatan menunjukkan pemerintah bisa mengatasi masalah yang ada.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Hasil survei tersebut sangat relevan dengan kondisi yang ada saat ini, di mana pemerintah bisa mengatasi semua masalah yang ada, terutama seusai pandemi COVID-19," kata Daniel Johan dalam keterangan di Jakarta, Rabu, 22 Februari 2023.

Sebab, kata Daniel Johan, ketika munculnya ketidakpastian global imbas pandemi COVID-19, Indonesia bisa melalui semuanya dengan baik sampai sekarang.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Presiden Jokowi meninjau langsung vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden
Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

"Saya rasa hasil litbang tersebut relevan dengan kondisi yang ada karena di tengah dunia global menghadapi tantangan yang begitu berat, namun Indonesia bisa melaluinya dengan baik--itu yang dirasakan rakyat," kata Daniel Johan yang juga anggota DPR RI.

Berdasarkan survei yang berlangsung 25 Januari-4 Februari 2023 itu, tingkat kepuasan publik pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mencapai 69,3 persen.

Angka itu meningkat 7,2 persen dibandingkan survei yang sama pada Oktober 2022. Kala itu, kepuasan publik pada pemerintah berada di angka 62,1 persen.

Presiden Jokowi di bendungan Beringin Sila, NTB

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Namun, kata Daniel, antisipasi tentunya tetap harus dilakukan pemerintah khususnya masalah stabilitas pangan dan nasib petani. "Karena apabila terjadi goncangan terhadap stabilitas pangan maka itu akan berdampak serius bagi segenap kehidupan masyarakat," katanya.

Selain antisipasi soal pangan, anggota Komisi IV DPR ini menyoroti soal stabilitas politik. Menurutnya, di tahun politik seperti sekarang ini mestinya jangan sampai terjadi guncangan.

Ia mencontohkan soal perubahan mendadak sistem pemilihan umum yang bakal berimplikasi terhadap persiapan-persiapan dan pelaksanaan tahapan-tahapan pemilu yang sudah berjalan dengan baik. "Kita harus benar-benar menjaga stabilitas politik ini," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya