Seniman Ludruk Curhat Sepi Manggung, Cak Imin Gercep Telepon Bupati Sidoarjo

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Islandar alias Cak Imin, menemui para seniman di Madiun pada Rabu, 22 Februari 2023. Cak Imin mendengarkan aspirasi keluhan termasuk dari seniman ludruk yang sepi manggung.

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?

Wakil Ketua DPR RI itu menyampaikan memahami keluhan para seniman karena saat ini kurang diminati masyarakat.

"Saya memahami apa yang dialami para Seniman ini dimana masyarakat sudah mulai kurang berminat terhadap seni tradisional," kata Cak Imin di Madiun seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya.

KPU Sebut Kubu Anies Aneh, Baru Gugat Pencalonan Gibran Setelah Penetapan Hasil

Dia mengatakan demikian lantaran saat ini perkembangan teknologi dan industri hiburan perlahan sudah menggeser kegemaran masyarakat. Ia bilang hal itu mempengaruhi masyarakat untuk menikmati seni-seni modern. 

Momen Cak Imin Kena Tegur Ketua MK di Sidang Sengketa Pilpres 2024, Ngapain Ya?

Cak Imin menyebut kondisi itu yang berdampak terhadap masyarakat yang kurang meminati seni tradisional. 

"Industri hiburan sudah sangat jauh berkembang bersamaan dengan perkembangan teknologi dan zaman. Semakin banyak pilihan seni yang menjadi hiburan masyarakat saat ini semakin meninggalkan seni-seni tradisional kita," jelas Cak Imin.

Pun, salah seorang seniman tradisional, Cak Tawar mengeluh ke Cak Imin. Dia mengaku, minimnya minat masyarakat terhadap pentas ludruk membuat mereka sulit memiliki pendapatan. 

"Sekarang ini orang makin jarang nanggap (mengundang) ludruk, imbasnya kami mengalami penurunan pendapatan karena jarang manggung (main ludruk)," tutur Cak Tawar dengan memelas.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Merespons curhatan itu, Cak Imin langsung coba menghubungi Bupati Sidoarjo, Ahmad Muchdhor alias Gus Mudhor yang juga salah seorang kader PKB. Di hadapan ratusan seniman itu, Cak Imin minta Gus Mudhor bisa membantu dengan mengadakan pentas ludruk saat acara Pemkab Sidoarjo.

"Saya minta pak Bupati sering-sering ngundang ludruk (di Sidoarjo)," kata Cak Imin dalam perbincangannya dengan Gus Mudhor via telepon selular.

Cak Imin juga minta agar anggota Fraksi PKB DPRD Kabupaten Sidoarjo bisa membantu setidaknya mengundang ludruk dalam acara yang digelar di dapil masing-masing.

"Anggota DPRD PKB piro (berapa)? Sampaikan untuk sering ngundang seniman ludruk ya," ujar eks Menakertrans tersebut.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin juga mengajak perwakilan seniman seperti Cak Tawar untuk bertemu dengan Gus Muchdor usai acara. "Nanti setelah acara ini, saya ajak ketemu Gus Mudhor langsung, di Sidoarjo," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya