Voxpol Gaungkan Duet Anies-Sandi, Jubir PKS: Bukan Tidak Mungkin Akan Bersanding Lagi

Anies Baswedan (kanan) saat berpose dengan eks Wakilnya Sandiaga Uno (kiri).
Sumber :
  • Twitter.com/@sandiuno

VIVA Politik - Voxpol Center Research and Consulting merilis duet Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam peringkat pertama dalam simulasi capres-cawapres 2024. Isu Anies berpasangan dengan Sandiaga seperti Pilgub DKI 2017 kembali digaungkan.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Terkait itu, Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal menanggapi wacana duet itu sebagai bagian dari dinamika politik. Dia mengatakan, figur Sandiaga yang dekat dan pernah diusung PKS Namun, ia menekankan PKS belum menentukan cawapres sehingga Sandi masih punya kans mendampingi Anies.

"Saat ini kita belum menentukan cawapres. Artinya Sandi masih berpeluang untuk bisa diusung PKS. Siapa saja berpeluang, termasuk Sandi. Apalagi punya survei yang tinggi dan pernah menang bersama Anies," kata Iqbal, Rabu, 22 Februari 2023.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Dia mengatakan, PKS tergabung dalam Koalisi Perubahan bersama Partai NasDem dan Demokrat menyerahkan keputusan penetapan cawapres terhadap Anies selaku bakal capres 2024. Menurutnya, politik sangat dinamis.

"Walaupun kita sudah memutuskan bahwa Pak Anies yang nanti juga akan memutuskan (Cawapres) dan tentu ada persetujuan dari partai pengusung, saya kira bukan tidak mungkin Mas Sandi satu hari akan bersanding lagi dengan Pak Anies," jelasnya.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Dia menyinggung figur Sandi sebagai pengusaha sukses dengan memiliki jaringan luas di dunia bisnis. Ia berpandangan Sandi dibutuhkan untuk kembali membangkitkan perekonomian bangsa pasca pandemi covid-19 dan resesi global tahun 2023.

"Kita kan sekarang menghadapi gejolak ekonomi dunia. Kita memerlukan orang-orang yang kuat di dunia usaha, kuat di networking global," ujarnya.

"Saya kira Mas Sandi ini Profil yang bisa mengisi kekosongan enterpreneur, anak muda. Juga bisa mewakili-representasi dari pemikiran milenial-milenial kita," jelas Iqbal.

Sebelumnya, survei Voxpol Center Research and Consulting merilis hasil jajak pendapatnya terkait simulasi capres dan cawapres 2024. Temuan survei itu, duet Anies-Sandi meraih elektabilitas tertinggi dengan 33,8 persen.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) bersama calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno (kiri) saat menghadiri Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul International Convention Centre, Bogor, Jawa Barat, Senin, 17 Desember 2018.

Photo :
  • Twitter.com/@aniesbaswedan

Keduanya unggul dari pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir dengan elektabilitas 30,7 persen. Lalu, urutan tiga ada duet Prabowo Subianto-Khofifah Indar Parawansa dengan 25,9 persen.

Survei Voxpol menempatkan Anies-Sandi jadi pasangan potensial. Duet itu berpeluang mengulang kesuksesan layaknya Pilkada DKI 2017.

"Temuan terbaru survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan pada November 2022 menunjukkan potensi yang sangat besar bagi pasangan Anies-Sandi untuk dipasangkan sebagai calon presiden dan wakil presiden," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Selasa, 21 Februari 2023.

Dalam survei Voxpol, nama Prabowo berada di peringkat teratas dengan popularitas 93 persen. Pun, posisi kedua ada Anies dengan popularitas 80,7 persen.

Selanjutnya, Sandiaga di urutan tiga dengan popularitas 77,4 persen. Sementara, Ganjar peringkat keempat dengan popularitas 74,7 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya