Maju Jadi Caleg DPR, Benny Rhamdani: Lahir Batin Saya akan Berjuang untuk Hanura

Kepala BP2MI Benny Rhamdani daftar jadi caleg Hanura.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani resmi daftar jadi calon anggota DPR RI di Pemilu 2024 lewat Partai Hanura. Benny mendaftar langsung di kantor Ketua Dewan Kehormatan Partai Hanura, Menteng, Jakarta Pusat.

Anggota DPR Minta Kemenhub Kaji Ulang Penurunan Kelas 17 Bandara Internasional

Dia bakal maju dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat II, yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Ia mengatakan, siap mengemban amanat rakyat, jika terpilih sebagai wakil rakyat di Pemilu 2024.

Benny sempat menyinggung soal gaji dan tunjangan yang didapat anggota DPR yang notabene masuk pejabat negara. Bagi dia, jika seorang anggota DPR kaya mendadak usai menjabat, maka mesti dicurigai oleh rakyat.

Anggota DPR Sebut Wacana Luhut soal Kewarganegaraan Ganda adalah Angin Segar

"Lahir batin tentu saya akan berjuang untuk Partai Hanura. Sebagaimana sering saya katakan, sebetulnya setiap pejabat negara di negara ini anggota DPR Insya Allah, demi Allah dia tidak akan pernah kaya dari gaji dan jabatannya," kata Benny, dalam keterangannya, Rabu, 22 Februari 2023.

Tapi, menurut dia, jika anggota DPR RI sebelum menjabat sudah kaya maka tak perlu dicurigai. Berbeda sebaliknya bila anggota DPR punya kekayaan meningkat setelah menjabat maka bisa dicurigai.

Kelakar Hakim Arief Hidayat Sebut PPP Tak Lolos DPR gegara Ditinggal Arsul Sani

"Itu harus dicurigai oleh rakyat, dari mana sumber kekayaannya," jelas Wakil Ketua Umum DPP Hanura tersebut.

Pun, Benny meminta agar seluruh masyarakat memantau kinerja para pejabat negara termasuk anggota DPR. Menurut dia, jika ada aliran dana yang mencurigakan maka masyarakat bisa mengakses langsung harta kekayaan para wakil rakyat melalui web Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

"Publik bisa akses, lihat berapa gaji dan tunjangannya. Kalau sampai ada pejabat yang dari biasa-biasa saja menjadi kaya, kekayaan bisa dicurigai dari korupsi," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika terpilih ingin masuk di Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum. Ia  menyampaikan ada keinginan untuk mendorong sejumlah undang-undang (UU).

Kepala BP2MI Benny Rhamdani.

Photo :
  • Istimewa

Dia menyebut antara lain seperti UU tentang Perampasan Aset Para Koruptor dan UU tentang Perbandingan Terbalik untuk menelusuri rekam jejak kekayaan pejabat negara.

"Insya Allah jika terpilih dan partai mengizinkan saya ingin di Komisi III DPR. Dengan begitu, saya memiliki saluran yang tepat untuk mewujudkan sejumlah undang-undang yang diharapkan rakyat Indonesia, khususnya terkait pemberantasan korupsi," ujarnya.

Adapun saat mendaftar, Benny ditemani barisan relawan pendukungnya dari komunitas Gerakan Nasional Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (GNPK) RI, hingga Komunitas Pedagang Kaki Lima (PKL) Kabupaten Bandung. 

Partai Hanura sudah membuka pendaftaran bagi para bakal caleg DPR RI yang ingin berlaga di Pemilu 2024. Secara simbolis pendaftaran dilakukan di kantor Ketua Dewan Kehormatan Partai Hanura, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Februari 2023.

Selain Benny, sejumlah kader Hanura terlihat mendaftar seperti Ketua Dewan Pakar Partai Hanura Bachtiar Aly. Lalu, ada juga Hasanuddin AS, eks anggota DPR RI Periode 2009-2014 dari Partai PPP. Selanjutnya, ada Elis Apriani dan Shelia Padha yang mewakili kaum milenial. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya