Dorong Pemerintah Segera Tumpas KKB, Partai Garuda: Mereka Menginjak-injak HAM

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik - Aksi teror Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang membakar pesawat Susi Air lalu menyandera pilotnya jadi sorotan. Pemerintah diminta bersikap tegas dengan menumpas KKB yang juga disebut Organisasi Papua Merdeka (OPM).

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Wakil Ketua Umum DPP Partai Garuda Teddy Gusnaidi menyinggung omongan Menko Polhukam Mahfud MD yang mengataka aparat sudah mengepung KKB dan akan menyerbu. Namun, gagal karena ada seorang sandera dari Selandia Baru yaitu pilot Susi Air. 

"Negara itu ingin selamatkan warganya. Dan, mereka tidak mau ini diselesaikan dengan kekerasan, karena bisa jadi urusan internasional," kata Teddy, dalam keterangannya, yang dikutip pada Kamis, 23 Februari 2023.

Pangeran MBS Bangun Resor Mewah NEOM di Atas 'Darah' Warga Saudi

Menurut dia, dengan pernyataan Mahfud, bisa membuktikan RI sangat bisa dan mudah memberantas KKB. Dia berharap jika pilot Susi Air sudah diselamatkan maka segera tumpas KKB.

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

"Maka segera bumi hangus kelompok OPM. Tidak ada alasan lagi, bahwa OPM sering berbaur dengan warga, sehingga sulit diberantas," tutur Teddy.

Dia bilang agar Pemerintah RI tak perlu takut dengan HAM internasional maupun lokal. Dia menyinggung kelakuan KKB sebagai kelompok teroris yang sudah tak menghormati HAM dengan membunuh warga negara Indonesia (WNI) termasuk aparat.

"Menginjak-nginjak HAM, membunuh Warga negara Indonesia. Lalu, mereka dilindungi dengan HAM," ujarnya.

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Teddy mengatakan RI sebagai negara kerap dirugikan dengan teror KKB. Apalagi, KKB terus berlindung dengan alasan HAM. "Dan, kita sebagai negara merdeka yang dirugikan malah dibelenggu dengan HAM," tutur Teddy.

"Sudah cukup, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak membumihanguskan OPM," jelasnya.

Teror KKB pimpinan Egianus Kogoya kembali menyedot perhatian membakar pesawat milik Susi Air di Lapangan Terbang Paro, Nduga, Papua Tengah. Selain dibakar, kelompok teroris itu juga menyandera pilot Susi Air yaitu Philips Max Mehtrens.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya