Disindir PDIP soal Manuver Capreskan Anies, Begini Reaksi Presiden PKS

Anies Baswedan bersama Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu di kantor DPP PKS.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyindir elite partai politik yang sibuk bermanuver politik untuk mendapatkan coattail effect alias efek ekor jas. Hasto bilang harusnya elite parpol menghormati tahapan pemilu yang ditentukan KPU, termasuk deklarasi capres dan cawapres.

Viral Jemaah Salat Id Bubar Gegara Khatib Singgung Pemilu Curang saat Khotbah

Sindiran Hasto ini rupanya direspons Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. Menurut dia, pihaknya tidak akan mengambil pusing sindiran Hasto lantaran itu merupakan bagian dari penyampaian pendapat.

"Saya tidak menanggapi apapun. Apa yang disampaikan Pak Hasto. Saya kira itu bagian dari demokrasi. Jadi, sah-sah saja untuk memberikan pendapat," kata Syaikhu di Kantor DPP PKS.

Hari Raya Idul Fitri Diharap Jadi Momentum Rekonsiliasi Politik Pasca Pilpres 2024

Syaikhu justru berdalih, deklarasi dukungan dari PKS terhadap Anies Baswedan merupakan satu momen penting. Menurutnya, deklarasi ini merupakan wujud partai agar lebih fokus untuk menyongsong cita-cita bangsa ke depan.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Selain itu, deklarasi itu menurutnya juga untuk membuat konsolidasi di struktur DPP dengan kader PKS.

"Tapi bagi kami sendiri, PKS bahwa deklarasi ini sebuah momentum yang penting pada satu sisi untuk melakukan konsolidasi kami di struktur dan para anggota. Kedua, kita akan menyongsong kedepan dengan fokus mewujudkan cita-cita Indonesia lebih baik," ujar Syaikhu.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto melempar sindiran soal elite parpol yang sibuk bermanuver capres dan cawapres. Menurut dia, hal itu ada waktunya karena sudah ditetapkan tahapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ini harus jadi perhatian elite, bukan hanya sibuk bermanuver capres-cawapres karena ada waktunya dan diatur tahapannya oleh KPU. Buat apa membentuk KPU, jika tidak menaati tahapannya hanya karena ambisi coattail effect," kata Hasto kepada wartawan, Kamis, 23 Februari 2023. 

PKS Dukung Anies Sebagai Bakal Calon Presiden

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Adapun pada Kamis hari ini, PKS resmi mendeklarasikan dukungan terhadap eks Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024. Syaikhu bilang, dukungan terhadap Anies merujuk hasil keputusan musyawarah Majelis Syuro VIII PKS. 

"Alhamdulillah, pembahasan mengerucut pada sosok yang dimaksud Anies Rasyid Baswedan. Kita usung beliau menjadi tokoh nasional dan Allah takdirkan sebagai presiden," kata Syaikhu di Kantor DPP PKS, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya