Pengganti Menpora, Pengamat Yakin Masih Kader Golkar dan Berkontribusi di Pemerintahan

Pengamat politik Adi Prayitno (tengah)
Sumber :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K

VIVA Politik – Presiden Joko Widodo sudah mendapatkan informasi informal bahwa Zainudin Amali ingin mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora. Tapi belum ada surat resmi. Keputusan itu diambil, usai terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Siapa pengganti dari politisi Partai Golkar itu?

Erick Thohir Beri Kabar Baik soal Nathan Tjoe-a-On, Bisa Bela Timnas Indonesia Vs Korea Selatan

Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menilai Presiden Joko Widodo mempunyai kriteria tersendiri jika mencari sosok calon pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga (Mepora) Zainudin Amali.

"Dari sekian banyak nama yang muncul tersebut tentunya harus memiliki kriteria yang sesuai dengan selera Presiden Jokowi. Ia haruslah orang yang dinilai memiliki kontribusi terhadap Pemerintahan Jokowi," kata Adi Prayitno dalam keterangan di Jakarta, Kamis, dikutip dari Antara.

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

Kriteria selanjutnya, kata dia, calon pengganti tersebut tentunya pernah ikut berjuang di Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Makruf  2019.

Menurut dia, sinyal "reshuffle" kabinet semakin menguat seiring pernyataan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sudah mengundurkan diri secara informal.

Jawaban PSSI soal Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23 di 8 Besar Piala Asia

Zainudin Amali yang baru saja terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI sudah meminta izin kepada Presiden Jokowi untuk fokus mengurus sepak bola Indonesia.

Adi Prayitno mengatakan kemungkinan besar posisi Menpora akan kembali diisi kader Partai Golkar. Menurutnya, Golkar memiliki banyak kader muda yang potensial untuk menggantikan Zainudin Amali di kursi Menpora.

"Saya kira Golkar banyak stok kader-kader muda yang layak dan punya kompetensi," kata Adi.

Diketahui, beberapa nama kader muda Golkar yang dianggap layak dan berpotensi menggantikan Menpora Zainudin Amali mulai mencuat ke publik. Beberapa nama yang beredar di media adalah Ilham Permana, Ace Hasan Syadzily, Putri Komarudin, dan Dito Ariotedjo

Namun dalam konteks kriteria, Ace Hasan Syadzily menurutnya sosok yang paling layak untuk menduduki kursi Menpora.

"Memang banyak kader muda Golkar. Tadi di antara nama-nama itu, Ace lebih mendekati kriteria ideal. Terutama berkontribusi atas pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019 Ace terlihat sibuk menangkal serangan ke Jokowi," katanya.

Selain mantan Jubir TKN Jokowi, Ace adalah sosok politikus muda yang kini duduk di pimpinan Komisi VIII DPR RI, kehadiran Ace tentunya akan memberikan warna positif bagi kemajuan kepemudaan dan keolahragaan di Tanah Air.

"Muda, doktor, berpengalaman, rekam jejaknya mentereng sebagai politisi, intelektual Muslim moderat, tokoh NU, mantan presiden kampus, dan mantan aktivis 98. Ace paket komplet," ujarnya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya