PAN Goda Ganjar Nyapres, PDIP: Etika Politik Penting, Jangan Main Serobot!

Ganjar Pranowo saat menjemput Ketum PDIP MegawatI Sukarnoputri.
Sumber :
  • Twitter @ganjarpranowo

VIVA Politik - Manuver PAN melalui Ketua Umumnya Zulkifli Hasan yang beri sinyal kuat bakal mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024 menyedot perhatian. Elite PDIP pun merespons manver itu dengan melempar sindiran keras ke PAN.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Sadarestuwati meminta semua partai politik peserta pemilu mengedepankan etika dalam berpolitik. Ia mengingatkan etika politik sangat penting di kedepankan.

Apalagi, kata dia, Ganjar yang juga Gubernur Jawa Tengah itu masih kader PDIP.

Hotman Paris Sindir Kubu Amin dan Ganjar: Jangan Nangis Kalau Kalah

“Seperti yang pernah saya sampaikan, bahwa etika politik sangat penting dan harus di kedepankan. Jangan sampai main serobot, apalagi Pak Ganjar sampai saat ini masih kader dan petugas partai PDI Perjuangan,” ujar Estu, sapaan akrabnya, kepada wartawan, Senin, 27 Februari 2023.

Dia menyinggung sejauh ini, belum ada komunikasi apapun dari PAN kepada PDIP terkait Ganjar Pranowo. “Sejauh ini belum ada,” ujarnya.

Kirim Surat Amicus Curiae ke MK, Megawati Singgung Etika Presiden Jokowi

Lebih lanjut, Estu mengatakan soal bakal capres yang akan diusung PDIP masih menunggu keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri selaku pemegang hak prerogratif. Dia bilang Megawati akan menentukan waktu pengumuman capres.

“Semua itu ada di tangan Ibu Ketua Umum. Tentunya beliau akan mencari waktu yang tepat untuk mengumumkan bakal calon Presiden yang di usung oleh PDI Perjuangan,” tutur Anggota DPR tersebut.

Elite PDIP lain yang disuarakan Ketua DPP PDIP Said Abdullah berharap Ganjar bisa tegak lurus atas instruksi DPP PDIP. Sebab, capres PDIP akan ditentukan Megawati selaku pimpinan partai.

Ketum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Ganjar Pranowo (kanan)..

Photo :
  • Istimewa

Said mengatakan, segenap kader PDIP harus patuh dan tunduk pada keputusan partai. Hal itu menurutnya termasuk pencapresan 2024 yang notabene berada di tangan Megawati selaku pemegang hak prerogratif. 

“Kita tunggu saja momentum yang akan ditentukan oleh Ibu Ketua Umum,” ujarnya. 

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas dalam pidatonya di Rakornas PAN di Semarang, Jawa Tengah pada Minggu kemarin, terang-terangan berikan sinyal dukungan terhadap Kader PDIP Ganjar Pranowo. Dalam kesempatan itu, hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Zulhas dalam kesempatan itu memuji Ganjar yang harmonis dengan Menteri BUMN Erik Thohir.

"Ini ada Pak Ganjar ada Pak Erick sepertinya harmonis ini Pak, tapi jangan lupa sebagai panglima perang kita tunduk kepada Pak Presiden," kata Zulhas.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya