Ahmad Sahroni: Street Boxing Harus Utamakan Daerah Rawan Kenakalan Remaja

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.
Sumber :

VIVA Politik – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, mengatakan gagasan Polda Metro Jaya mengadakan street boxing atau tinju jalanan, di KPJ Boxing Camp, Bulungan, Jakarta Selatan, perlu diapresiasi. 

Produksi Tembakau Sintetis, Remaja di Tangerang Ditangkap Polisi

Karena menurut politisi Partai Nasdem itu, kegiatan ini sebagai langkah preventif untuk mengurangi kenakalan remaja.

“Saya rasa ini langkah preventif yang tepat, menghadirkan kegiatan-kegiatan bermanfaat agar anak muda memiliki wadah untuk melampiaskan semangat mudanya,” kata Sahroni dalam keterangannya pada Selasa, 28 Februari 2023.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Namun, anggota Fraksi Partai Nasdem DPR RI ini mengingatkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, sebagai penyelenggara agar memilih lokasi di daerah-daerah yang rawan terjadi kenakalan remaja.

Menurut dia, pemilihan lokasi menjadi faktor penting supaya diperhatikan. Karena, kata dia, kenakalan remaja seperti tawuran dan penyalahgunaan narkoba ini kadang penyebabnya memang minimnya ruang aktivitas bagi anak muda.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

“Saya kira Polda Metro harus gelar kegiatan bermanfaat seperti ini lebih banyak dan lebih rutin. Lokasi kegiatan harus diperhatikan, daerah-daerah yang terbukti rawan (kenakalan remaja) harus jadi prioritas. Jadi anak muda di daerah tersebut bisa punya alternatif kegiatan yang positif,” jelasnya.

Selain itu, Sahroni menyarankan Polda Metro Jaya juga melibatkan masyarakat dan pengurus wilayah dalam menggelar kegiatan ini. Sehingga, lanjut dia, mereka dapat membantu Polda Metro Jaya dalam menilai karakteristik masyarakat daerah tersebut.

“Bisa lakukan kerja sama dengan pengurus RT/RW setempat agar masyarakat merasa dilibatkan juga nantinya. Nanti Polda Metro bisa lihat potensi anak-anak muda di daerah itu dalam bidang apa, jadi bisa selenggarakan kegiatan-kegiatan lainnya selain street boxing agar lebih variatif dan tepat sasaran,” pungkas Bendahara Umum Partai Nasdem ini.

Dalam rangka mengurangi kenakalan remaja, Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menyelenggarakan Pertandingan Street Boxing Polda Metro Jaya, pada Minggu, 26 Februari 2023. Acara ini dilakukan bagi masyarakat yang akan menyalurkan minta bakat dan sportivitas melalui olahraga tinju amatir dan profesional.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan acara tersebut dilakukan untuk menghilangkan kenakalan remaja, tawuran, dan penyalahgunaan narkoba.

“Sehingga dalam rangka menjawab permintaan para komunitas pencinta olahraga tinju, Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menyelenggarakan kegiatan pertandingan tinju," katanya saat di Jakarta.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyelenggarakan pertandingan tinju dalam rangka Kapolda Cup, yang dilaksanakan sebanyak 3 kali, pada Juni 2022 di Gelora Bung Karno, Agustus 2022 di Jiexpo Kemayoran, di Kemayoran bertepatan dengan anniversary Street Race.

“Kegiatan tersebut mengundang animo peserta yang cukup meriah," tambahnya.

Acara tersebut diikuti oleh 172 peserta dengan total seluruhnya 86 pertandingan. 10 pertandingan kelas profesional, 76 pertandingan kelas amatir.  

Kelas amatir sendiri terdiri dari pelajar, mahasiswa dan umum. Acara ini terbuka untuk umum, gratis baik untuk penonton, pendukung maupun peserta petinju amatir hingga profesional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya