Survei Median: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Ganjar dan Anies Terpaut Tipis

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik - Lembaga Survei Media Nasional (Median) merilis hasil riset terbarunya tentang Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden pada 2024. Temuan Median diketahui Prabowo memiliki elektabilitas paling tinggi sebagai bakal calon presiden berdasarkan hasil survei.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Peneliti Senior Median, Ade Irfan Abdurrahman menjelaskan, setelah Prabowo, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati posisi kedua menurut hasil survei. Lalu, posisi ketiga diduduki eks Gubernur DKI Anies Baswedan.

Prabowo memperoleh suara sebesar 20,5 persen. Sementara posisi kedua, yaitu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menempati posisi kedua dengan 18,9 persen. Kemudian, posisi ketiga diduduki Anies Baswedan sebesar 17,9 persen perolehan suara.

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sementara, posisi keempat ada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan perolehan suara 9 persen dan posisi kelima diduduki Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dengan perolehan suara  3,5 persen.

Median juga merilis hasil survei temuan elektabilitas dalam beberapa skenario dengan 4 tokoh utama tiap poros.

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

"Variasi kandidat dilakukan pada tokoh KIB. Variasi yang dimaksud ialah dengan menginsert tokoh luar kader KIB seperti Ganjar dan tokoh partai KIB, seperti Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan Mardiono dan Ridwan Kamil," kata Ade dalam paparannya di rilis Survei Median, di Jakarta Pusat, Selasa 28 Februari 2023.

Dalam skenario pertama, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara 25,5 persen. Disusul posisi kedua oleh Ganjar dengan 22 persen suara dan Anies Baswedan sebesar 20 persen.

Dalam skenario kedua, Prabowo menempati posisi pertama dengan perolehan suara 24 persen. Disusul Ridwan Kamil posisi kedua dengan 23,5 persen. Kemudian, Anies Baswedan posisi ketiga dengan 18 persen suara.

Skenario ketiga, Prabowo memperoleh 25,6 persen suara mengalahkan Anies Baswedan di posisi kedua dengan 24,2 persen. Posisi ketiga diduduki Airlangga Hartarto dengan 10 persen perolehan suara.

Skenario keempat, Prabowo Subianto peroleh 25 persen suara menjadi peringkat pertama. Disusul oleh Anies Baswedan dengan 23 persen suara dan Puan Maharani 8,5 persen suara di posisi ketiga.

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto.

Photo :
  • Istimewa

Dalam skenario kelima, lagi-lagi Prabowo Subianto konsisten menduduki posisi pertama dengan 25,2 persen perolehan suara. Disusul posisi kedua Anies Baswedan dengan 23,4 persen dan posisi ketiga Puan Maharani dengan 8 persen.

Survei median dilakukan pada 22-26 Februari 2023. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial Facebook dengan target responden adalah pengguna aktif Facebook berusia 17 sampai 60-an tahun. 

Form pertanyaan disebar secara proporsional dan tersebar kepada akun-akun Facebook dengan pengguna di seluruh Indonesia. Hasilnya, terkumpul sebanyak 400 responden yang tersebar di 38 provinsi. 

Salah satu tujuan dilakukannya survei tersebut adalah untuk menggali persepsi pengguna media sosial atau netizen. 

"Dikarenakan sampel adalah pengguna media sosial, survei ini tidak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsi populasi secara keseluruhan," ujar Ade. 

Ade menyampaikan sejumlah alasan yang mendorong Median melakukan survei di media sosial, dalam hal ini Facebook. Salah satunya karena pengguna layanan internet di Indonesia telah mencapai 212,9 juta orang atau 77 persen dari populasi. 

Berikutnya, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang atau sekitar 60,4 persen dari populasi. 

"Lalu, platform media sosial Facebook adalah platform kedua terbesar setelah YouTube dan lebih cepat dalam mendapatkan data," kata Ade.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya