Hasil Survei Median: 73,2% Netizen Ingin Pemilu 2024 Tidak Ditunda

Warga memasukkan surat suara saat Pemilu 2019 (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA Politik – Lembaga Survei Media Nasional (Median) menunjukkan 73,2 persen netizen menginginkan penyelenggaraan pemilu 2024 tidak ditunda dan digelar sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Irish Bella Dijodohkan dengan King Nassar, Netizen: Janda Ketemu Duda Semoga Berjodoh

"Mayoritas netizen, yaitu 73,2 persen menginginkan Pemilu 2024 tidak ditunda dan dilaksanakan sesuai dengan jadwalnya," kata peneliti senior Median Ade Irfan Abdurrahman dalam paparannya di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Hasil survei itu, terdiri dari 45,4 persen responden yang menyatakan sangat tidak setuju dan 27,8 persen responden menyatakan kurang setuju. Meski demikian, terdapat 6,4 persen responden menyatakan cukup setuju dan 10,5 persen menyatakan sangat setuju. Sebanyak 9,9 persen responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat (Foto ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Survei dari median ini dilakukan pada 22-26 Februari 2023 dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial Facebook dengan target responden adalah pengguna aktif Facebook berusia 17 sampai 60-an tahun.

Cak Imin Puji Militansi PKS di Pilpres 2024: 'Kalau Mau Berjuang Ya Hanya dengan PKS'

Formulir pertanyaan disebar secara proporsional dan tersebar kepada akun-akun Facebook dengan pengguna di seluruh Indonesia. Hasilnya, terkumpul sebanyak 400 responden yang tersebar di 38 provinsi. 

Salah satu tujuan dilakukannya survei tersebut adalah untuk menggali persepsi pengguna media sosial atau netizen. 

"Dikarenakan sampel adalah pengguna media sosial, survei ini tidak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsi populasi secara keseluruhan," ujar Ade.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ade pn menyampaikan sejumlah alasan yang mendorong Median melakukan survei di media sosial, dalam hal ini Facebook, di antaranya, pengguna layanan internet di Indonesia telah mencapai 212,9 juta orang atau 77 persen dari populasi. 

Berikutnya, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang atau sekitar 60,4 persen dari populasi. Platform media sosial Facebook adalah platform kedua terbesar setelah YouTube dan lebih cepat dalam mendapatkan data.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya