PeduliLindungi Berubah Jadi Satu Sehat, Saleh PAN Minta Sosialisasi Digencarkan

Anggota DPR Saleh Partaonan Daulay.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA Politik – Aplikasi PeduliLindungi yang digunakan untuk melacak penyebaran COVID-19 selama pandemi akan berganti menjadi SatuSehat Mobile. Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay berharap aplikasi Satu Sehat Mobile ini lebih bermanfaat dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Ketua Fraksi PAN ini berharap Satu Sehat Mobile, dapat pula dijadikan sebagai sarana untuk memaksimalkan peningkatan kesehatan komunitas secara kolektif di tengah masyarakat.

"Setelah membaca berita terkait, sepintas saya melihat ada banyak hal positif yang baru di dalam aplikasi tersebut. Mulai dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat ada dan terintegrasi. Bahkan ada data rekam medis, konsultasi kesehatan, ada bonus dan poin, serta layanan yang jauh lebih luas. Kalau ini benar, tentu ini sangat positif," kata Saleh, dalam keterangan tertulisnya, Rabu 1 Maret 2023.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Fitur Aplikasi Pedulilindungi.

Photo :
  • Aplikasi Pedulilindungi

Saleh mengatakan, jika masyarakat dapat memanfaatkannya dengan benar, maka penggunaan aplikasi ini dapat diandalkan menjadi garda pertahanan kesehatan masyarakat. Dalam konteks itu, kata Saleh, kementerian kesehatan diminta untuk segera melakukan sosialisasi terkait aplikasi ini. 

Bea Cukai Gelar Sosialiasi Cukai di Bogor dan Banjarmasin

Sebab tanpa sosialisasi, masyarakat belum tentu mengerti menggunakannya. Apalagi, menurut Saleh, aplikasi ini terlihat rumit untuk ukuran masyarakat awam.

"Sosialisasi mutlak dilakukan. Harus disadari bahwa tidak semua masyarakat kita memiliki akses kepada internet. Mereka yang ada di daerah belum tentu memiliki perangkat smartphone. Belum tentu juga mampu membeli kuota internet. Jangan sampai hal ini menjadi kendala ke depannya," ujar Saleh

PeduliLindungi.

Photo :
  • PeduliLindungi

Hal lain yang harus diperhatikan dari adanya aplikasi SatuSehat ini adalah keamanan data. Jangan sampai ada kebocoran data dalam aplikasi ini.

"Selain itu, keamanan data masyarakat harus dijaga. Terutama yang berkenaan dengan rekam medis dan data-data privasi lainnya. Dulu, peduli lindungi katanya aman. Tapi belakangan ternyata bocor juga. Itu tentu tidak boleh terulang lagi," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya