Elite NasDem: Koalisi Anies Baswedan Sudah Resmi Semua

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.
Sumber :
  • ANTARA News/Fathur Rochman.

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah deklarasi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024 yang diumumkan pada Kamis, 2 Maret 2023.

Tetap Gunakan Sirekap di Pilkada Serentak, KPU: Kami Punya Kewajiban untuk Terbuka

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali buka suara setelah Partai Demokrat deklarasi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024, maka tahapan koalisi sudah selesai semuanya. Artinya, koalisi Anies sudah selesai terbentuk.

“Sudah resmilah tinggal pertemuan pimpinan dan masuk untuk deklarasi bersama. Tapi secara de jure dan de facto sudah selesai,” kata Ahmad Ali saat dihubungi wartawan pada Kamis, 2 Maret 2023.

Ketua Umum Projo Isyaratkan Mesti Ada Parpol di Luar Pemerintahan Prabowo-Gibran

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selanjutnya, Ahmad Ali mengatakan semua partai tentu akan menyerahkan sepenuhnya kepada Anies untuk menentukan bakal calon wakil presiden yang mendampinginya nanti. Namun, ia mengingatkan penyerahan mandat itu jangan sampai berpikiran kalau Anies akan meninggalkan semua partai.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

“Penyerahan mandat itu kemudian dipikiran bahwa Mas Anies akan meninggalkan semua partainya. Kan tidak. Jadi, bagi NasDem itu tidak pernah tertarik mendiskusikan orang,” ujarnya.

Menurut dia, Partai NasDem yang diketuai Surya Paloh lebih tertarik berbicara kriteria calon pemimpin yang dibutuhkan Anies untuk mendampinginya. Makanya, kata dia, bukan hanya ideal dalam pemerintajan tapi ideal untuk kemenangan.

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Diskusi-diskusi itu kemudian akan terus dilakukan. Penyebutan figur yang kemungkinan memenuhi kriteria yang sudah dirancang. Tapi semua itu akan kembali ke tentang Anies,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya