Cyrus Network: Zaki Iskandar Punya Potensi Kuat di Pilkada DKI 2024

Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar (kanan).
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Meski masih setahun lebih, dinamika menuju Pilkada DKI 2024 sudah memunculkan bursa bakal calon gubernur atau cagub. Salah satunya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang dinilai punya potensi kuat memimpin Jakarta di 2024. 

Rumor Ganjar Ditawari jadi Menteri Prabowo, Gibran: Yang Nawari Siapa?

"Bang Zaki memiliki potensi tinggi untuk maju sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta 2024 mendatang," kata Pendiri Cyrus Network Hasan Nasbi, kepada wartawan, Minggu, 5 Maret 2023.

Hasan punya analisis dengan sejumlah hal yang jadikan Zaki Iskandar layak jadi pemimpin DKI 2024. Pertama, pengalamannya yang mumpuni sebagai pemimpin daerah yakni sebagai Bupati Tangerang selama dua periode. Lalu, status Zaki sebagai Ketua DPD Golkar DKI Jakarta.

Puan Tegas Bilang Pemenang Pileg 2024 yang Berhak Jadi Ketua DPR

"Pertama, dia Bupati Tangerang yang termasuk wilayah satelitnya Jakarta. Kemudian yang kedua dia Ketua Partai di DKI loh," lanjut Hasan.

Selain itu, menurut dia, Zaki juga selama jadi Bupati Tangerang melakukan beberapa gebrakan, inovasi dan mencetak prestasi di wilayahnya. Kabupaten Tangerang dianggapnya saat ini sudah diakui internasional. 

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Hasan bilang salah satu terobosan Zaki yakni menyulap wilayah pesisir yang kumuh dan miskin menjadi kawasan ekowisata. Kawasan itu dibangkitkan untuk kemandirian ekonomi warga. 

Pun, dia menyebut contoh lain yakni pelayanan kesehatan warga Kabupaten Tangerang. Dia mengatakan Zaki sudah menghadirkan 4 RSUD di wilayahnya dan merenovasi 44 Puskesmas.  

“Ini penting untuk membuat masyarakat sehat, dan pemerintah hadir dalam kehidupan Kesehatan masyarakat,” kata Hasan. 

Bagi dia, dengan rekam jejak tersebut, Zaki punya keunggulan. Mulai dari sisi pengalaman, prestasi dan terobosan yang dilakukan. 

"Kalau menurut saya pengalaman itu adalah modal yang paling besar, jadi buat saya pengalaman itu 10 tahun sebagai pengalaman yang luar biasa," lanjut Hasan.

Lebih lanjut, Zaki dinilai sebagai profesional yang mengerti birokrasi, pengelolaan anggaran dan pembangunan. Bahkan dalam hal pengelolaan anggaran Kabupaten Tangerang, Zaki menerima penghargaan Wajar Tanpda Pengecualian (WTP) 14 kali berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI.

"Artinya dia mengenal birokrasi, anggaran dan pembangunan. Itu pengalaman yang luar biasa," kata Hasan.

Tanggapan Zaki Iskandar

Merespons dirinya disebut calon kuat di Pilkada DKI Jakarta, Bupati Tangerang Zaki Iskandar justru menanggapinya dengan santai. Zaki mengaku berterima kasih atas penilaian tersebut. Namun, ia bilang saat ini dirinya masih fokus menuntaskan amanat di Kabupaten Tangerang dan juga tugas di DPD Golkar Jakarta.

Dia tak menampik hasil musda Golkar DKI Jakarta mengusulkan dirinya sebagai bakal cagub DKI. "Namun, saat ini fokus saya ke amanat yang diberikan saat ini di Tangerang dan DPD. Soal pilkada, itu nantilah setelah ini semua berhasil, Insya Allah," ujar Zaki.

Dijelaskan Zaki, ia punya fokus utama dengan menuntaskan amanat partai terutama menghadapi Pileg 2024 sekaligus memenangkan Airlangga Hartarto dalam Pilpres 2024. Selain itu, juga melanjutkan berbagai program pembangunan di Kabupaten Tangerang.

"Target kami adalah meraih suara Golkar di Pemilu Legislatif dan memenangkan Pak Airlangga sebagai Presiden dari Partai Golkar, baru setelah itu Pilkada," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya