Presiden PKS Sebut Sandiaga Uno Memenuhi Kriteria Jadi Cawapres Anies Baswedan

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

VIVA Politik – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi bergabung dengan Partai Nasdem dalam Koalisi Perubahan yang akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di pemilu tahun 2024.

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan akan ada beberapa usulan nama calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Usulan nama ini berasal dari partai pengusung dan Anies Baswedan.

Nantinya nama-nama yang diusulkan ini akan digodok dan disaring sebelum dipilih menjadi pendamping Anies Baswedan. Syaikhu bahkan menyebut jika dimungkinkan nama-nama usulan itu akan dilakukan survei elektabilitas seandainya dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Sandiaga Uno saat hadir di HUT ke-15 Partai Gerindra

Photo :
  • VIVA/ Zendy Pradana

Syaikhu mengungkapkan ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh pendamping Anies Baswedan, di antaranya punya visi misi yang sama, sosok yang nasionalis dan religius serta punya elektabilitas yang bagus.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

"Harus punya visi misi yang sama. Jangan sampai bakal calon wakil presidennya tidak sejalan dengan visi dan misi Presiden,” ujar Syaikhu, Minggu 5, Maret 2023.

“Kriteria lainnya agar punya probabillity to win (peluang untuk menang) yang besar. Jangan sampai dipasangkan malah menegasikan. Saling suport untuk meningkatkan elektabilitas,” ujarnya.

Mengenai nama Sandiaga Uno, Syaikhu mengakui masuk dalam radar sosok yang akan mendampingi Anies Baswedan. Sandiaga memiliki kedekatan dan pernah bekerja sama dengan Anies Baswedan, katanya, dan keduanya pernah maju bersama dan memenangkan pilkada DKI Jakarta tahun 2017.

Anies Baswedan di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Sandiaga Uno mungkin masuk karena dulu pernah bersama di Pilkada DKI namun karena ada tugas yang lain menjadi berpisah. Anies melanjutkan sebagai gubernur DKI Jakarta, Pak Sandi maju ke Pilpres sebagai cawapres,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya