PKS Wacanakan Sandiaga Jadi Cawapres Anies, Elite PD Sinis: Dia Bagian dari Rezim

Anies Baswedan dan Ketua Umum Demokrat AHY di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mewacanakan nama Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno jadi cawapres pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. Wacana itu pun ditanggapi elite parpol calon mitra PKS dalam Koalisi Perubahan.

JK Ogah Komentari Wacana Anies Maju Pilgub Jakarta

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan soal bakal cawapres, pihaknya bersama PKS dan Nasdem sudah menyerahkan sepenuhnya kepada Anies selaku bakal capres.

Dia pun menyinggung 5 kriteria figur cawapres pendamping Anies di Pilpres 2024. Pertama, memiliki kontribusi signifikan pada pemenangan. Kedua, bisa memperkuat barisan koalisi perubahan. 

MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara

"Ketiga, bisa membantu menjalankan pemerintahan dengan efektif. Keempat, memiliki platform perjuangan yang sama sebagai pasangan yang menawarkan perubahan dan perbaikan. Kelima, memiliki chemistry yang pas sehingga mewujud menjadi dwi tunggal," kata Kamhar, saat dikonfirmasi, Selasa, 7 Maret 2023.

Pun, dia menyindir PKS jika mengajukan nama atas nama demokrasi sepatutnya mengindahkan kriteria yang telah dipresentasikan Anies antara lain figur yang presentasikan perubahan. Namun, untuk nama Sandiaga Uno sebaiknya tinggal di uji saja.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

"Apakah merupakan figur perubahan atau lanjutkan bagian dari rezim sekarang. Bagi kami dia bagian dari rezim sekarang," ujar Kamhar.

Tapi, kata dia, terlepas dari itu, sebaiknya menghormati Anies untuk memilih cawapresnya. Menurut dia, hal itu sesuai kesepakatan bersama tiga parpol dala Koalisi Perubahan.

"Terlepas dari itu, sebaiknya kita hormati mandat yang telah diberikan kepada Mas Anies untuk menentukan bacawapresnya," tutur Kamhar.

Sebelumnya, Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu angkat bicara soal peluang Sandiaga Uno jadi figur yang akan mendampingi Anies di Pilpres 2024. Menurut dia, Sandiaga punya kedekatan dan pernah bekerja sama dengan Anies. Salah satunya karena pernah maju bersama dan memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Sandiaga Uno mungkin masuk karena dulu pernah bersama di Pilkada DKI namun karena ada tugas yang lain menjadi berpisah. Anies melanjutkan sebagai gubernur DKI Jakarta, Pak Sandi maju ke Pilpres sebagai cawapres,” kata Syaikhu, Minggu, 5 Maret 2023.

Sufmi Dasco Ahmad dan Sandiaga Uno hadiri konsolidasi Partai Gerindra di Sultra.

Photo :
  • Istimewa

Sementara, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan, dalam internal partainya banyak yang mengusulkan sosok Sandiaga Uno jadi cawapres dari Anies. Dia pun mengaku bersyukur nama Sandiaga dimajukan jadi cawapres.

“Banyak suara menduetkan Anies-Sandi. Kalau itu terwujud, saya sujud syukur,” kata Mardani kepada wartawan.

Menurut dia, dengan ketokohan Sandiaga bisa menarik pemilih dari kalangan Indonesia tengah dan timur. 

Dia bilang, hubungan PKS dengan Sandiaga juga terjalin baik dan terus berkembang. “Sejak Pilkada DKI hubungan baik, tumbuh, dan berkembang,” ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya